ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS Di SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

HASNA HUSNIAH, 12211173047 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS Di SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Fluida Dinamis di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Hasna Husniah, NIM. 12211173047, dengan dosen pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pemecahan masalah, penyelesaian soal, materi fluida dinamis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa masih kesulitan memecahkan masalah fisika. Padahal kemampuan pemecahan masalah memiliki kedudukan penting yaitu sebagai acuan untuk menunjang proses dan meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Oleh karena itu proses siswa dalam memecahkan masalah yang tertuang dalam setiap indikator pemecahan masalah inilah yang penting untuk dianalisis. Indikator kemampuan pemecahan masalah fisika antara lain: useful description, physics approach, specific application of physics, mathematical procedure, logical progression. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan akademik tinggi dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida dinamis. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan akademik sedang dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida dinamis. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan akademik rendah dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah studi kasus. Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes tulis, dan wawancara. Pengambilan data dimulai dengan mennganalisis hasil UAS semester genap dan soal tes yang disesuaikan dengan indikator kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari hasil UAS dan tes, siswa dikelompokkan menjadi kategori (tinggi, sedang, rendah) yang diwakili 1 subjek dari setiap kelompok kategori. Dari ke-3 subjek kemudian dilakukan proses wawancara yang berkaitan dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah yang telah dikerjakan. Teknik analisis data paada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida dinamis dari kategori kemampuan akademik tinggi yaitu sudah memahami 5 indikator kemampuan pemecahan masalah. (2) Pada kategori kemampuan sedang, hanya mampu memenuhi 3 indikator untuk soal nomor 2,3,5 dan hanya memenuhi 2 indikator untuk soal nomor 4. (3) Dan dari kategori kemampuan rendah, subjek hanya mampu memenuhi 5 indikator pada soal nomor 1 saja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: hasna husniah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:33
Last Modified: 20 Jan 2022 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24279

Actions (login required)

View Item View Item