HASNA HUSNIAH, 12211173047 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS Di SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (717kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (352kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Fluida Dinamis di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Hasna Husniah, NIM. 12211173047, dengan dosen pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pemecahan masalah, penyelesaian soal, materi fluida dinamis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa masih kesulitan memecahkan masalah fisika. Padahal kemampuan pemecahan masalah memiliki kedudukan penting yaitu sebagai acuan untuk menunjang proses dan meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Oleh karena itu proses siswa dalam memecahkan masalah yang tertuang dalam setiap indikator pemecahan masalah inilah yang penting untuk dianalisis. Indikator kemampuan pemecahan masalah fisika antara lain: useful description, physics approach, specific application of physics, mathematical procedure, logical progression. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan akademik tinggi dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida dinamis. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan akademik sedang dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida dinamis. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan akademik rendah dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah studi kasus. Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes tulis, dan wawancara. Pengambilan data dimulai dengan mennganalisis hasil UAS semester genap dan soal tes yang disesuaikan dengan indikator kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari hasil UAS dan tes, siswa dikelompokkan menjadi kategori (tinggi, sedang, rendah) yang diwakili 1 subjek dari setiap kelompok kategori. Dari ke-3 subjek kemudian dilakukan proses wawancara yang berkaitan dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah yang telah dikerjakan. Teknik analisis data paada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida dinamis dari kategori kemampuan akademik tinggi yaitu sudah memahami 5 indikator kemampuan pemecahan masalah. (2) Pada kategori kemampuan sedang, hanya mampu memenuhi 3 indikator untuk soal nomor 2,3,5 dan hanya memenuhi 2 indikator untuk soal nomor 4. (3) Dan dari kategori kemampuan rendah, subjek hanya mampu memenuhi 5 indikator pada soal nomor 1 saja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | hasna husniah |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 07:33 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24279 |
Actions (login required)
View Item |