PUPUT RISNASARI, 17201153431 (2022) USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISLIPINAN IBADAH PADA SISWA MTs AL-MA'ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (888kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Usaha Guru Pendidikan agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah pada Siswa MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Puput Risnasari, NIM. 17201153431, pembimbing Zainudin S.Ag. M.Pd.I. Kata kunci: Usaha, Guru PAI, Kedislipinan Ibadah Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena perilaku siswa yang sering sekali menyepelekan masalah kedisplinan ibadah bahkan banyak sekali melakukan pelanggaran-pelanggaran seperti tidak ikut melakukan kegiatan ibadah di sekolah dan memilih membolos. Setiap lembaga sekolah memang sudah selayaknya menerapkan kedisiplinan di sekolah dalam berbagai aktifitas. Salah satunya tentang kedisiplinan dalam beribadah, ibadah disini tidak hanya shalat saja, tetapi maksud dari ibadah disini mencakup segala hal baik yang berupa perkataan maupun perbuatan yang disukai Allah dan diridhoi-Nya. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimanakah perencanaan guru PAI dalam usaha meningkatkan kedisiplinan ibadah pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Tulungagung? (2) Bagaimanakah cara guru PAI dalam usaha meningkatkan kedisiplinan ibadah pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Tulungagung? (3) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat usaha guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Tulungagung? Agar fokus tersebut dapat terlaksana dengan baik maka ada perencanaan yang diterapkan, usaha yang dilakukan serta faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan kedislipinan ibadah siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu kombinasi pengamatan lapangan dengan kualifikasi data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian : (1) Perencanaan Guru dalam Usaha Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah pada Siswa Mts Al-Ma’arif Tulungagung yaitu: (a) Menyusun program yang akan dicapai dalam satu tahun ajaran. (b) Membentuk tim ketertiban. (c) Menyusun peraturan yang berkenaan dengan ketertiban. (2) Cara Guru PAI dalam Usaha Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah pada Siswa Mts Al-Ma’arif Tulungagung yaitu : (a) Memberi contoh riil tentang kedisiplinan beribadah. (b) Memberi bimbingan dan arahan pada siswa yang melanggar tata tertib yang sudah di tetapkan. (3) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Usaha Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah pada Mts Al-Ma’arif Tulungagung yaitu: a) Faktor penghambat: (a) Kurangnya pengontrolan untuk anak-anak cewek yang pulang ke pondok pada saat jam shalat dhuhur. (b) Mushola yang kecil, sehingga tidak cukup untuk menampung jumlah siswa yang semakin meningkat. b) Faktor pendukung: (a) Tim ketertiban berbagi tugas dengan cara mengatur jadwal imam dan menggiring anak-anak untuk shalat berjamaah. (b) Shalat dhuhur dijadikan dua gelombang bagi para siswi. (c) Adanya kerjasama antara guru BK dengan tim ketertiban.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | risnasari puput |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 07:23 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24455 |
Actions (login required)
View Item |