HARUN, 17209153008 (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Active Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Harun NIM. 17201153008. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, S.S., M.Pd. Kata kunci : Metode Active Learning, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Proses pembelajaran dirasa kurang menarik, siswa tidak semangat dan kurang aktif dengan metode ceramah, sehingga berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian diperlukan perubahan penerapan metode pembelajaran yang aktif. Pembelajaran aktif (active learning) digunakan oleh guru agar penggunaan semua potensi belajar yang dimiliki siswa optimal. Hal ini tentunya akan membawa kepada hasil belajar yang baik bagi siswa. Pembelajaran dengan model active learning dapat membuat siswa belajar sesuai dengan karakter dan gaya belajarnya masing-masing, sehingga intensitas perhatian siswa lebih banyak tertuju pada kegiatan belajarnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh model pembelajaran Active Learning terhadap motivasi belajar IPS terpadu siswa kelas VIII A MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung, 2) pengaruh model pembelajaran Active Learning terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII A MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data : 1) Tes, 2) Angket, 3) observasi dan 4) Dokumentasi. Teknik analisis data hasil angket motivasi belajar dan hasil belajar siswa menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji t angket motivasi diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima meskipun pengaruhnya sangat lemah karena diambang minimal, (2) Berdasarkan perhitungan uji t post test diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,011 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode Active Learning terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII A MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209153008 HARUN |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 05:42 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 05:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24520 |
Actions (login required)
View Item |