PENGUASAAN KONSEP VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS DAN BALOK) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS VIII MTs PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2008/2009

SRIANI, BIBIT (2009) PENGUASAAN KONSEP VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS DAN BALOK) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS VIII MTs PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2008/2009. [ Skripsi ]

[img] Text
abstrak.doc

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (14kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (4MB)
[img] Text
cover.rtf

Download (3MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : konsep volume dan luas permukaan bangun ruang, Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran di sekolah, dimana siswa kurang mengusai materi bangun ruang sisi datar. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran. Dari pengalaman selama ini, cara guru mengajar menekankan pada penguasan konsep belaka. Konsep merupakan hal yang sangat penting, namun bukan terletak pada konsep itu sendiri tetapi terletak pada bagaimana sikap, keputusan dan cara-cara memecahkan masalah. Untuk itu peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah strategi dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas yaitu dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah ini, siswa diajak untuk berpikir kritis dan terampil memecahkan masalah serta mampu memahami konsep dan cara mengaitkannya dalam kehidupan nyata. Yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah 1. bagaimana upaya meningkatkan penguasaan konsep volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli Karangrejo tahun ajaran 2008/2009 2. bagaimana tingkat penguasaan peserta didik terhadap konsep volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli Karangrejo tahun ajaran 2008/2009 Adapun yang menjadi menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penguasaan konsep volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah siswa kelas VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009, 2) Untuk mengetahui tingkat penguasan peserta didik terhadap konsep volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah siswa kelas VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun ajaran 2008/2009. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan ada dua jenis yaitu data kuantitaf yang tediri dari hasil tes yang dinilai dengan skor dan data kualitatif yang terdiri dari hasil wawancara, catatan lapangan dan hasil obervasi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung. Untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, diskusi dengan teman sejawat dan guru matematika serta konsultasi dengan pembimbimg. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan penguasan konsep volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, dalam penelitian ini dilakukan dua siklus, yang sebelumnya diadakan observasi awal. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kemudian perencanaan kembali sama seperti pelaksanaan siklus pertama. Dengan diterapkan pendekatan berbasis masalah dapat disimpulakan bahawa penguasaan siswa pada konsep volume dan luas permukaan kubus dan balok dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan pada hasil yang dicapai siswa pada tes awal nilai rata-rata 57,69 mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 83,75% dan pada siklus II penguasaan siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata 88,57%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2015 01:49
Last Modified: 02 Oct 2015 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2453

Actions (login required)

View Item View Item