KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL REMAJA

PURWANTI, IDA (2009) KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL REMAJA. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I IDA.doc

Download (94kB)
[img] Text
BAB II IDANE IKA.doc

Download (318kB)
[img] Text
BAB III IDANE IKA.doc

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV IDANE IKA.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB V IDANE MBK IKA.doc

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (48kB)
[img] Text
COVER IDA.doc

Download (183kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “Konsep Kecerdasan Emosional dalam Pengembangan Sikap Sosial Remaja” di tulis oleh Ida Purwanti di bimbing oleh Uswah Wardiana, M.Psi. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional dan Pengembangan Sikap Sosial Penelitian di bawah ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena sosial dan sikap remaja. Sebuah konsep fenomena sosial dan sikap remaja. Sebuah konsep yang luar biasa tentang adanya kecerdasan emosional dalam menghantarkan remaja untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan. Keberhasilan tersebut tentunya tidak bisa lepas dari proses bersikap yang dilakukan. Oleh karena itu maka penulis tertarik untuk meneliti dengan sebuah kajian tentang kecerdasan emosional dalam pengembangan sikap sosial remaja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaiamana konsep kecerdasan emosional dalam pengembangan sikap sosial remaja di keluarga? 2)Bagaimana konsep kecerdasan emosional dalam pengembangan sikap sosial remaja di sekolah? 3)Bagaimana konsep kecerdasan emosional dalam pengembangan sikap sosial remaja di masyarakat? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah 1) Untuk mengetahui konsep kecerdasan emosional dalam pengembangan sikap sosial remaja di keluarga, 2) Untuk mengetahui konsep kecerdasan emosional dalam pengembangan sikap sosial remaja di sekolah, 3) Untuk mengetahui konsep kecerdasan emosional dalam pengembangan sikap sosial remaja di masyarakat. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian pustaka artinya peneliti tidak terjun ke lapangan secara langsung untuk mencari data-data atau informasi yang tersedia di kepustakaan untuk selanjutnya diolah, dianalisa dan ditarik kesimpulannya. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi yaitu menggali data-data yang dibutuhkan dari berbagai referensi yang relevan, baik dari sumber data primer maupun data sekunder. Setelah mengadakan penelitian ini maka penulis dapat merumuskan kesimpulan akhir penelitian ini sebagai berikut: Pertama, Kecerdasan emosional dalam pengembangan sikap sosial remaja di keluarga adalah kemampuan memotivasi, sabar, mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri maupun hubungannya dengan orang lain, dalam bersikap sosial. Karena sikap sosial itu dipelajari, ada lanjutannya yaitu penilaian kesediaan berperilaku yang berkenaan sejumlah obyek sosial dan ini dimulai dari keluarga, sebab keluarga memiliki fungsi yang sangat dominan dalam kehidupan sehari-hari, pada diri remaja. Kedua, Kecerdasan emosional dalam pengembangan sikap sosial remaja di sekolah adalah mempersiapkan remaja untuk hidup dalam masyarakat, sebab dalam sekolah sudah diberi pelajaran oleh lembaga tersebut seperti: menghargai para guru, bersikap ramah terhadap teman dan menghormati para karyawan. Ketiga, Masyarakat merupakan penilaian akhir dalam kecerdasan emosional dan pengembangan sikap sosial. Oleh karena itu apabila dalam keluarga dan sekolah, sudah diajarkan bagaimana bersikap dan norma-norma yang ada, maka dalam kehidupan bermasyarakat akan mudah dan diterima dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2015 02:54
Last Modified: 02 Oct 2015 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2464

Actions (login required)

View Item View Item