PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (LKS) ASRI TULUNGAGUNG

WIDYANTORO, DYCKY (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (LKS) ASRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN AWAL SKRIPSI.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (686kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penerapan Prinsip-prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah di Lembaga Keuangan Syariah (LKS) ASRI Tulungagung” ini ditulis oleh Dycky Widyantoro, NIM. 3223113030, pembimbing Muhammad Aswad, MA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi di Indonesia saat ini banyak lembaga yang menerapkan prinsip-prinsip syari’ah dalam menjalankan usahanya seperti perbankan syari’ah, reksadana syari’ah, pasar modal syari’ah, asuransi syariah, sehingga sektor bisnis dibidang lembaga keuangan juga menerapkan prinsip syari’ah. tidak sedikit lembaga keuangan yang mulai menerapkan prinsip-prinsip syari’ah dalam menjalankan kegiatan operasional bisnisnya. Alasan peneliti tertarik untuk meneliti kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah terhadap kepuasan nasabah di lembaga keuangan syariah (LKS) ASRI Tulungagung ini, karena ingin mengetahui bagimana tanggapan nasabah tentang pelayanan yang ada di lembaga keuangan syariah (LKS) ASRI Tulungagung selama ini terutama tetang penerapan prinsip-prinsip syariah yang diterapkan di lembaga keuangan syariah ASRI Tulungagung. Untuk itulah peneliti ingin mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan nasabah terhadap peranan penting pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah yang dimainkan oleh sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan. sehingga dapat terciptanya kenyamanan serta kepuasan nasabah lembaga keuangan syariah (LKS) ASRI Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di LKS ASRI Tulungagung berpengaruh positif dan signifikan? (2) Apakah pengaruh penerapan prinsip-prinsip syari’ah terhadap kepuasan nasabah di LKS ASRI Tulungagung berpengaruh positif dan signifikan? (3) Apakah secara simultan pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di LKS ASRI Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguji apakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan. (2) Untuk menguji apakah pengaruh penerapan prinsip-prinsip syari’ah terhadap kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan. (3) Untuk menguji apakah secara simultan pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, dokumentasi, dan instrument penelitian. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah di LKS ASRI Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan instrument penelitian digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah LKS ASRI Tulungagung. Terlihat nilai F-hitung > F-tabel (31,268 > 3,25) maka menolak Ho dan menerima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Penerapan Prinsip-prinsip syariah (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Dengan ini variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 60,8%, sedang sisanya sebesar 39,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Dari hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan(X1) (Jaminan, kehandalan, fisik nyata, perhatian, daya tanggap), berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah. Jadi, pelayanan yang diterapkan oleh Lembaga Keuangan Syariah (LKS) ASRI tulungagung adalah kurang baik. Hal ini berarti bahwa citra kualitas pelayanan yang baik bukanlah berdasarkan sudut pandang atau persepsi pihak penyedia jasa, melainkan berdasarkan sudut pandang atau persepsi konsumen atau nasabah, konsumenlah yang mengkonsumsi dan menikmati jasa perusahaan, sehingga merekalah yang seharusnya menetukan kualitas pelayanan. Persepsi konsumen terhadap kualitas jasa (consumer perceived servis quality) merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu jasa dari sudut pandang konsumen. Namun, perlu diperhatikan bahwa sifat jasa yang tidak nyata (intangibel) menyebabkan sangat sulit bagi konsumen untuk menilai jasa sebelum dia mengalaminya, bahkan setelah dia konsumsi jasa tertentu pun, sulit bagi konsumen untuk menilai kualitas jasa tersebut. Variabel penerapan prinsip-prinsip syariah (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Lembaga Keuangan Syariah (LKS) ASRI Tulungagung. Dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip-prinsip syariah di Lembaga Keuangan Syariah (LKS) ASRI Tulungagung dilaksanakan dengan baik seperti dengan nama lembaga tersebut, jadi Lembaga Keuangan Syariah (LKS) ASRI Tulungagung adalah lembaga yang tidak hanya mengandalkan nama syariah tetapi juga menerapkan prinsip-prinsip syariah dengan baik. Dari hasil uji F yang diujikan sebelumnya, menghasilkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Penerapan Prinsip-prinsip Syariah (X2) adalah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Karena protabilitas (0,000) jauh dibawah tingkat signifikansi yang disyaratkan 0,05. Maka modal regresi ini secara simultan mempengaruhi kepuasan nasabah. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Penerapan Prinsip-prinsip Syariah, Kepuasan Nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: DYCKY WIDYANTORO
Date Deposited: 05 Oct 2015 07:33
Last Modified: 05 Oct 2015 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2479

Actions (login required)

View Item View Item