ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi pada BUMDes Bangun Mandiri Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar)

SANTI MU’ARIFAH, 12402173058 (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi pada BUMDes Bangun Mandiri Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Implementasi dalam Pemberdayaan Mayarakat (Studi pada BUMDes Bangun Mandiri Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar)” yang ditulis oleh Santi Mu‟arifah, NIM 12402173058, dengan pembimbing Syamsul Umam, S.H.I.,M.H. Dalam rangka meningkatkan perekonomian desa, pendapatan asli desa (PADesa), dan pengelolaan potensi desa maka upaya pemberdayaan sumber daya manusia dilaksanakan dengan cara mendirikan usaha mandiri yaitu Badan Usaha Milik Desa yang dikenal dengan BUMDes. BUMDes Desa Plosorejo memiliki tiga jenis usaha guna memberdayakan masyarakatnya. Usaha tersebut terdiri dari usaha kerjasama dengan BRI Link, simpan pinjam, dan pasar desa. Fokus penelitian ini adalah (1) Apa saja program-program usaha BUMDes Bangun Mandiri guna pemberdayaan masyarakat di Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. (2) Bagaimana implementasi program-program BUMDesBangun Mandiri dalam mengupayakan pemberdayaan masyarakat Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. (3) Apa saja kendala dari upaya implementasi program BUMDes Bangun Mandiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mana penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, pengambilan dokumentasi secara langsung dengan teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan pengecekan data salah satunya menggunakan proses triangulasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) BUMDes Bangun Mandiri Desa Plosorejo telah berperan aktif dalam melaksanakan upaya pemberdayaan masyarakat desa, dengan melalui beberapa program yang dijalaninya yakni program simpan pinjam, pasar desa, dan kerjasama dengan BRI Link. (2) Implementasi program-program BUMDes Bangun Mandiri sudah sesuai dengan teori Kurt Lewin meskipun belum maksimal seutuhnya. (3) Dalam mengimplementasikan program-program BUMDes juga terdapat kendala yang dihadapi seperti minimnya modal, kebijakan pemerintah karena adanya Covid-19, dan kurangnya personil pengelola BUMDes. Kata Kunci: Implementasi Program, BUMDes, Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bumdes
Kesejahteraan Sosial
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173058 SANTI MU’ARIFAH
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:59
Last Modified: 21 Feb 2022 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24981

Actions (login required)

View Item View Item