DANURI, DANURI (2008) UPAYA GURU DALAM MEMBINA AKHLAQ SISWA DI MAN TLOGO. [ Skripsi ]
Text
daftar pustaka dan.doc Download (34kB) |
|
Text
cov0.rtf Download (1MB) |
|
Text
3DAN.doc Download (79kB) |
|
Text
B5.rtf Download (21kB) |
|
Text
dan-bb1.doc Download (75kB) |
|
Text
ref. ba2.doc Download (35kB) |
|
Text
Danuri 4444.doc Download (40kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul Upaya Guru Dalam Membina Akhlaq Siswa di MAN Tlogo“ ini ditulis oleh Danuri, Pendididikan Agama Islam (PAI), NIM: 3211043046 Tahun 2008 dibimbing oleh Ahmad Sauqi, M. Pd.I Kata Kunci: Upaya Guru, Akhlaq Siswa Latar Belakang Masalah: Mengajar merupakan suatu perbuatan yang memerlukan tanggung jawab moril yang berat. Karena berhasil tidaknya sebuah pendidikan pada siswa sangat bergantung pada pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu dalam Islam, guru atau pendidik mempunyai derajat yang lebih tinggi dari pada orang – orang yang tidak berilmu dan orang – orang yang bukan sebagai pendidik. Guru dituntut mempunyai potret diri yang jelas. Hal ini dapat dilihat dari kualitas dan ketrampilan yang dimiliki guru dalam mengajar yang tercermin dalam perilaku mengajarnya. Apabila guru berperilaku jelek maka muridnya akan lebih buruk lagi, seperti siswa berani mencuri. Hal ini seolah-olah menjadi hasil blue print guru kepada siswa-siswanya. Rumusan Masalah: 1. Apa upaya yang dilakukan guru baik secara individual maupun kelompok dalam membina akhlak siswanya?, 2. Bagaimana upaya guru menetralisir akhlaq madzmumah siswanya?, 3. Bagaimana efektifitas upaya guru dalam usaha membentengi akhlaq siswanya? Metode Penelitian: (1). Pendekatan: kualitatif, (2). Jenis Penelitian: deskriptif dan studi kasus, (3). Kehadiran peneliti: peneliti hadir di lokasi MAN Tlogo. (4). Sumber Data: Informan terdiri dari tenaga pengajar. (5). Metode Pengumpulan Data: Observasi, wawancara dan dokumentasi, (6). Analisis Data: data dianalisis secara deduktif dan induktif, (7). Pengecekan Keabsahan Temuan: perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil-hasil Penelitian: 1. Upaya yang dilakukan guru MAN Tlogo baik secara individual maupun kelompok dalam membina akhlak siswanya, bekerjasama dengan Polres dalam rangka memberikan sosialisasi tentang kenakalan remaja dan masalah narkotika dan obat terlarang, melakukan pertemuan periodik dengan wali kelas, untuk menekan seminimal mungkin pelanggaran disiplin anak, maka tata tertib terus disosialisasikan pada siswa melalui masing-masing wali kelas., 2. Upaya guru menetralisir akhlaq madzmumah siswanya, memberi pengetahuan dan bimbingan kepada siswa agar mau menghayati dan meyakini dengan keyakinan yang benar terhadap Allah. 3. Efektifitas pembinaan akhlaq oleh guru pendidikan agama Islam di MAN Tlogo, hal ini bisa terlihat antusiasme siswa dalam mengikuti pendidikan agama, siswa juga kelihatan aktif menjalankan ibadah salat, mereka juga taat kepada orang tua mereka, mereka juga senang membaca al-Qur'an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 01:53 |
Last Modified: | 16 Oct 2015 01:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2517 |
Actions (login required)
View Item |