LAILIYAH, ANISIATUL (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS VIII TUNARUNGU DENGAN MEDIA VISUAL DI SLB KEMALA BHAYANGKARI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
Sampul dalam.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (574kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Anisiatul Lailiyah, 3214113047, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas VIII Tunarungu dengan Media Visual Di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek”. Skripsi Jurusan Tadris Matematika (TMT) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing Dewi Asmarani, M.pd. Kata Kunci : Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Media Visual, Hasil Belajar Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya (1) siswa tunarungu kelas VIII SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek masih mengalami kesulitan dalam mata pelajaran matematika. (2) Hasil belajar siswa di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek khususnya anak tunarungu sebagian besar siswa nilainya masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan media visual dalam mata pelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus, khususnya siswa kelas VIII tunarungu di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek? (2) Apakah melalui penerapan media visual dapat meningkatkan proses pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus, khususnya siswa kelas VIII tunarungu di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek? (3) Apakah melalui penerapan media visual dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada anak berkebutuhan khusus, khususnya siswa kelas tunarungu VIII di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek? Skripsi ini bermanfaat bagi siswa diharapkan dapat melakukan pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Bagi guru dapat digunakan sebagai evaluasi bagi guru yang bersangkutan dan memacu guru untuk lebih semangat dalam memilih strategi, model, ataupun media pembelajaran dan guru dapat memberikan nuansa mengajar yang berbeda dan mearik bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), khususnya siswa kelas VIII tunarungu SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek. Bagi sekolah diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam rangka perbaikan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, khususnya siswa tunarungu serta Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mutu sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini di desain dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart, dimana dalam pelaksanaan tindakan (PTK) ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: prencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), Refleksi (Reflecting). Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peneliti menyiapkan media pembelajaran di depan kelas, peneliti menjelaskan materi pembelajaran menggunakan media yang telah disediakan di depan kelas, sebagai evaluasai siswa satu per satu maju kedepan sambil mengidentifikasi gambar, (2) Penggunaan media visual dapat meningkatkan proses pembelajaran matematika siswa tunarungu, (3) Berdasarkan hasil tes akhir penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa tunarungu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | ANISIATUL LAILIYAH |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 06:44 |
Last Modified: | 16 Oct 2015 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2527 |
Actions (login required)
View Item |