WILDAN HAMOUDA, 12205173300 (2022) IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DI MI PEMBANGUNAN TANGKIL WLINGI KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2021-2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Quran Di MI Pembangunan Tangkil Wlingi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2021-2022” ini ditulis oleh Wildan Hamouda, NIM 12205173300, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Musrikah S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Metode Qiro’ati, Pembelajaran Al Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an adalah bagian dari upaya untuk mempersiapkan sejak dini agar siswa memahami, terampil melaksanakan dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an melalui kegiatan pendidikan. pembelajaran Al-Qur’an menghadapi beberapa kendala yang krusial antara lain seperti : waktu pembelajaran yang terbatas dengan materi yang padat namun penting, kurang nya motivasi belajar siswa, kurang nya sumber daya guru dalam mengembangkan metode yang lebih variatif. Apabila hal tersebut terus terjadi maka kemampuan pemahaman siswa akan semakin menurun. Oleh karena itu, dengan metode Qiro’ati dan media pembelajaran akan membuat siswa lebih bersemangat dalam pelajaran dan memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada pembelajaran Al-Qur'an di MI Pembangunan Tangkil Wlingi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2020-2021? (2) Bagaimana implementasi metode Qiro’ati melalui media Audio Visual dalam pembelajaran Al-Qur'an di MI Pembangunan Tangkil Wlingi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2020-2021? (3) Faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam implementasi metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al -Qur'an di MI Pembangunan Tangkil Wlingi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2020-2021?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data melalui teknik pemeriksaan yang mencakup 4 kriteria yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, kepastian. Hasil penelitian adalah: (1) Pembelajaran dengan metode qiroati meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal siswa, serta memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran (2) Dengan media audio visual siswa tidak hanya mendengarkan saja tetapi dapat melihat ayat Al Qur’an yang didengarkan dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa yang disertai dengan animasi kartun (3) Faktor yang mendukung antara lain : terdapat sarana dan prasarana yang memadai, kualitas guru dalam memahami metode qiroati, keaktifan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan metode qiro’ati dan media audio visual. Sementara faktor yang menghambat antara lain : adanya perbedaan kemaampuan pemahaman siswa terhadap materi, latar belakang siswa yang berbeda-beda, alokasi waktu pelajaran yang kurang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173300 WILDAN HAMOUDA |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 08:41 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 08:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25651 |
Actions (login required)
View Item |