POLA PEMBINAAN ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I BLITAR DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM MENURUT PENDAPAT ULAMA NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH

AURIEL RAHMA SANITA SILMI, 12102183194 (2022) POLA PEMBINAAN ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I BLITAR DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM MENURUT PENDAPAT ULAMA NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Auriel Rahma Sanita Silmi, 12102183194 Pola Pembinaan Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar Dalam Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam Menurut Pendapat Ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, Jurusan Hukum Keluarga Islam, IAIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Hj. Indri Hadisiswati. S.H., M.H. Kata kunci : Pola Pembinaan, Anak Binaan, Hukum Positif, Hukum Islam Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pola pembinaan anak yang diterapkan oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar. Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.Hh-03.Ot.02.02 Tahun 2014 tentang Pedoman Perlakuan Anak di Balai Pemasyarakatan, Lembaga Penempatan Anak Sementara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implemetasi pola pembinaan yang dilakukan oleh pihak Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar apakah sudah sesuai atau belum dengan prinsip hukum positif dan prinsip hadhanah dalam hukum Islam menurut pendapat ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) pola pembinaan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar, 2) Bagaimana implementasi pola pembinaan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar dalam perspektif hukum positif, 3) Bagaimana implementasi pola pembinaan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar dalam perspektif hukum Islam menurut pendapat ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa pengamatan, wawancara, dan studi bahan-bahan pustaka. Sedangkan teknik analisis datanya peneliti menggunakan teknik analisis induktif yang prosesnya bertolak dari premis yang berupa norma-norma hukum positif yang diketahui, dan berakhir (sementara) pada penemuan asas-asas hukum di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembinaan pendidikan formal atau intelektual, Pembinaan mental spiritual, kegiatan olahraga dan kesehatan. Pembinaan keterampilan pembinaan keterampilan seperti perkebunan, dan pelatihan kerja seperti desain grafis, pelatihan las listrik, otomotif, potong rambut, menjahit, handycraft dan pelatihan pembuatan keset dari kain perca. 2) Implementasi pola pembinaan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar sudah sesuai dengan hukum positif khususnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.Hh-03.Ot.02.02 Tahun 2014 tentang Pedoman Perlakuan Anak Di Balai Pemasyarakatan, Lembaga Penempatan Anak Sementara Dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak di Lingkungan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia. 3) Dengan terpenuhinya berbagai hak anak dan dilakukannya berbagai macam program pembinaan tersebut menunjukkan bahwa pola pembinaan yang dilakukan oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar sudah sesuai dengan hukum Islam yang secara umum berlaku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Muhammadiyah
Nahdlatul Ulama
Pendidikan > Pembiasaan
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Ulama
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183194 Auriel Rahma Sanita Silmi
Date Deposited: 13 May 2022 04:58
Last Modified: 13 May 2022 04:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25689

Actions (login required)

View Item View Item