PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL ISTIQOMAH TULUNGAGUNG DAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL PAHLAWAN TULUNGAGUNG

FIYYA QURROTU A’YUNIN, 12401183210 (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL ISTIQOMAH TULUNGAGUNG DAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Tingkat Margin Terhadap Keputusan Anggota Pembiayaan Murabahah pada Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung dan Baitul Maal Wat Tamwil Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Fiyya Qurrotu A’yunin, NIM 12401183210 Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.Kom. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa BMT sebagai lembaga penyalur dana yang berperan sebagai lembaga pendukung bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonominya. Namun posisi BMT di wilayah Kabupaten Tulungagung belum stabil. Disisi lain karakteristik masyarakat yang mempunyai sudut pandang berbeda terhadap BMT, yang menjadi salah satu faktor untuk memilih produk di BMT. Khususnya pada produk pembiayaan murabahah terdapat beberapa hal yang mempengaruhi anggota untuk mengambil keputusan untuk memilih produk pembiayaan murabahah, seperti kualitas pelayanan, lokasi dan tingkat margin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan tingkat margin secara parsial maupun simultan terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan murabahah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah anggota pembiayaan murabahah pada BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung. Teknik pengambilan data menggunakan data primer, yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Pengolahan data yang digunakan yaitu SPSS.25. Selanjutnya data kuesioner dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik serta menggunakan uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis uji hipotesis dengan uji signifikansi simultan (F-test) didapatkan (1) ) Kualitas pelayanan, lokasi dan tingkat margin secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah Tulungaung dan BMT Pahlawan Tulungagung. Sedangkan pada uji hipotesis dengan uji signifikan parsial (t-test) didapatkan (2) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah Tulungaung dan BMT Pahlawan Tulungagung (3) Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung (4) Tingkat margin berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Tingkat Margin dan Baitul Maal Wat Tamwil

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Murabahah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183210 Fiyya Qurrotu A’yunin
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:12
Last Modified: 06 Jun 2022 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25946

Actions (login required)

View Item View Item