UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGREJO TAHUN AJARAN 2014/2015

DEWI, PUTRI TUNGGAL (2015) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGREJO TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TUGGAL.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Tunggal.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
keaslian tulisan dan daftar rujukan.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri Tunggal Dewi NIM 3211113152 Dosen Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Karangrejo. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: Upaya guru, kesulitan belajar, sejarah kebudayaan Islam Setiap guru senantiasa mengharapkan agar siswa dapat mencapai hasil belajar secara maksimal baik dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun pada kenyataanya masih sering terjadi kesulitan belajar dalam setiap mata pelajaran walaupun sifatnya berbeda, ada yang ringan dan berat, permanen dan tidak permanen. Apalagi dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebab mata pelajaran ini adalah mata pelajaran cerita yang menceritakan kejadian-kejadian di masa lampau sehingga sering terjadi kesulitan dalam belajar. Untuk itu guru perlu melakukan upaya dalam rangka mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja jenis kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Karangrejo? (2) Bagaimana cara yang di lakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Karangrejo? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Karangrejo? (4) Bagaimana dampak upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN Karangrejo? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui metode wawancara terstruktur atau wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini bahwa: (1) Jenis kesulitan belajar yang di hadapi siswa kelas VIII dalam mengikuti mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Karangrejo adalah lupa, jenuh dan kurang konsentrasi (2) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII di MTsN Karangrjo adalah dengan selingan humor dalam menyampaikan materi, memberikan motivasi, mengunakan metode yang bervariasi, dan program remidial. (3) Faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Karangrejo adalah alokasi waktu, anak belum menyadari akan kebutuhan belajar, pola asuh orang tua di rumah, dan rendahnya minat membaca siswa, sedangkan faktor pendukung adalah tersedianya sarana dan prasarana sekolah, terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif, dan adanya minat siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PUTRI TUNGGAL DEWI
Date Deposited: 20 Nov 2015 03:54
Last Modified: 20 Nov 2015 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2610

Actions (login required)

View Item View Item