PENGARUH KEDISIPLINAN BERIBADAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PAKEL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

VERY HARDIANI, 17201163068 (2022) PENGARUH KEDISIPLINAN BERIBADAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PAKEL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Very Hardiani. NIM: 17201163068. Tahun: 2021. Pengaruh Kedisiplinan Beribadah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMA N 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan: Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Maryono, M. Pd NIP. 198103302005011007 Kata Kunci : Kedisiplinan, Ibadah dan Prestasi Belajar Penelitian pada skripsi ini dilatar belakangi kurang tertanamnya jiwa agama pada tiap-tiap orang dalam masyarakat sehingga terjadi kemerosotan – kemerosotan norma maupun moral anak bangsa. Hal tersebut bisa ditanggulangi dengan pembentengan diri dengan kefahaman agama yang kuat dan mendisiplinkan diri dalam agama, terutama kedisiplinan dalam menjalankan ibadah shalat fardhu dan tadarus Al-Qur’an. Sehingga dapat memperbaiki norma atau moral dan dapat meningkatkan berbagai segi dari kualitas hidup manusia. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah antara Kedisiplinan beribadah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA N 1 Pakel Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh kedisiplinan beribadah shalat fardhu terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMA N 1 Pakel Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan beribadah tadarus al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMA N 1 Pakel Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kedisiplinan beribadah shalat fardhu dan tadarus al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMA N 1 Pakel Tulungagung? Metode Penelitian : (1) Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. (2) Populasi : Seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pakel Tulungagung. Sampling: Simple Random Sampling. (3).Metode pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. (4) Teknik analisis data dengan uji validitas, reabilitas, normalitas, linieritas, regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh antara kedisiplinan beribadah sholat fardhu dan kedisiplinan beribadah tadarus al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMA N 1 Pakel Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai Sig 0,00 lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163068 VERY HARDIANI
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:34
Last Modified: 15 Jun 2022 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26110

Actions (login required)

View Item View Item