BEKTI EKA HIDAYAT, 12201183062 (2022) PERAN USTADZ DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MADRASAH DINIYAH HIDAYATUSSALAFIYAH PULE TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (126kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (632kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (198kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Ustadz Dalam Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di Madrasah Diniyah Hidayatussalafiyah Pule” ini ditulis oleh Bekti Eka Hidayat, NIM 12201183062 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, jurusan Pendidikan Agama Islam. Dosen Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I,. Kata Kunci: Peran Ustadz Madrasah Diniyah, Disiplin, Tanggungjawab Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran pada masa pandemi COVID-19, yang memiliki beberapa kelemahan terutama dalam proses penanaman nilai-nilai karakter pada siswa khususnya pada aspek disiplin dan tanggungjawab. Maka dari itu diperlukan pihak yang turut andil dalam meningkatkan disiplin dan tanggungjawab siswa pada masa pandemi ini dan salah satunya yaitu Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah Hidayatussalafiyah merupakan lembaga yang dipimpin oleh ustadz dan proses pembelajarannya dilaksanakan secara langsung dengan muatan materi ilmu keagamaan dan penanaman akhlak. Sehingga seorang ustadz tentu memegang peranan penting dalam perkembanagn siswanya. Fokus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peran ustadz sebagai pendidik dalam meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa di Madrasah Diniyah Hidayatussalafiyah Pule Trenggalek?. 2. Bagaimana peran ustadz sebagai Teladan dalam meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa di Madrasah Diniyah Hidayatussalafiyah Pule Trenggalek?. 3. Bagaimana peran ustadz sebagai penasehat dalam meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa di Madrasah Diniyah Hidayatussalafiyah Pule Trenggalek? Rancangan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan, kehadiran peneliti (studi kasus), dengan lokasi penelitian di Madrasah Diniyah Hidaytussalafiyah Pule Trenggalek. Sumber data penelitian dalam bentuk data primer dan data skunder yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian data tersebut dicek kebasahannya dengan cara triangulasi, memperpanjang waktu keterlibatan peneliti, ketekunan, dan pembahasan sejawat. Hasil penelitian ini adalah 1. Peran ustadz sebagai pendidik dalam meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa di Madrasah Diniyah Hidayatussalafiyah Pule Trenggalek yaitu dengan menerapkan metode pembiasaan yaitu memberi peraturan, penugasan, materi pelajaran, serta menghiasi diri dengan kebaikan, menjalin kedekatan santri, serta ikhlas tanpa pamrih dalam mengajar. 2. Peran ustadz sebagai teladan dalam meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa di Madrasah Diniyah Hidayatussalafiyah Pule Trenggalek yaitu dengan ustadz memberi contoh kepada siswa melalui kebiasaan baik di madrasah khususnya meliputi karakter, gaya hidup dan hubungannya dengan santri. contohnya seperti memulai dan mengakhiri pembelajaran tepat waktu, bertutur kata yang baik, memimpin doa/mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan sesudah memulai pembelajaran, memperhatikan santrisantrinya dan lain sebagainya 3. Peran ustadz sebagai penasehat dalam meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa di Madrasah Diniyah Hidayatussalafiyah Pule Trenggalek yaitu dengan memberi nasehat secara individu maupun secara umum pada setiap pembelajaran sesuai keadaan santri serta mengemas nasehat dalam bentuk kisah-kisah hikmah. Contoh nasehat berkaitan dengan karakter disiplin dan tanggung jawab seperti menjalankan kewajiban ibadah, berperilaku, bertutur kata dan berbahasa yang baik kepada orang tua, guru, masyarakat dan teman
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Karakter Ulama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183062 BEKTI EKA HIDAYAT |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 12:49 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 12:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26164 |
Actions (login required)
View Item |