PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MIN 7 TULUNGAGUNG

ISNA NURLELA, 12205183049 (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK. Isna Nurlela, NIM : 12205183049. 2022. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN 7 Tulungagung. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibimbing oleh : Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Penanaman Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya karakter dalam lembaga pendidikan yang ditandai dengan kondisi moral yang menurun dan munculnya banyak permasalahan pada peserta didik seperti kurangnya kedisiplinan, kurangnya kesopanan, tidak patuh terhadap guru, serta terjadinya perilaku penindasan antar peserta didik yang dilatarbelakangi oleh perbedaan. Praktik pendidikan juga dinilai masih belum mampu membangun kecerdasan seimbang dan hanya menekankan pada aspek kognitif. Untuk itu diperlukan penanaman nilai karakter yang bukan hanya menekankan aspek kognitif, melainkan juga mengupayakan aspek afektif dalam penerapan kegiatan pembelajaran. Salah satunya melalui pembelajaran Aqidah Akhlak. Pembelajaran Aqidah Akhlak digunakan sebagai pembentuk karakter peserta didik melalui pengubahan pengetahuan (kognitif) menjadi lebih bermakna dengan mengaplikasikan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari hal tersebut, penulis tertarik untuk mengangkat judul Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN 7 Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penanaman nilai karakter toleransi melalui pembelajaran Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas III di MIN 7 Tulungagung ? 2) Bagaimana penanaman nilai karakter peduli sosial melalui pembelajaran Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas III di MIN 7 Tulungagung? 3) Bagaimana penanaman nilai karakter disiplin melalui pembelajaran Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas III di MIN 7 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MIN 7 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan penanaman nilai karakter toleransi dilakukan dengan penyusunan RPP yang memuat strategi dan model pembelajaran untuk memudahkan guru dan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran serta tercapainya perilaku yang diinginkan tekait karakter toleransi. Implementasi penanaman karakter toleransi melalui pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan beberapa cara antara lain: pembiasaan untuk saling menghormati dan menghargai, penggunaan strategi pembelajaran kontekstual, penggunaan model pembelajaran kooperatif, pemberian nasehat. Penanaman nilai karakter toleransi membawa perubahan pada diri peserta didik untuk terbiasa saling menghormati dan menghargai terhadap segala perbedaan serta mampu menghentikan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai toleransi. 2) Perencanaan penanaman nilai karakter peduli sosial dilakukan dengan penyusunan RPP yang memuat strategi dan metode pembelajaran untuk memudahkan guru dan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran serta tercapainya perilaku yang diinginkan tekait karakter peduli sosial. Implementasi penanaman karakter peduli sosial melalui pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan beberapa cara antara lain: pendekatan keteladanan, penggunaan strategi pembelajaran kontekstual, pembiasaan untuk saling membantu, penggunaan metode tutor sebaya, pemberian motivasi dan pemahaman. Penanaman nilai karakter peduli sosial membawa perubahan pada diri peserta didik untuk terbiasa membantu peserta didik lainnya, mampu menunjukkan sikap berbagi dengan sesama, serta menyisihkan uang yang dimiliki untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan bantuan. 3) Perencanaan penanaman karakter disiplin dilakukan dengan penyusunan beberapa peraturan untuk diterapkan kepada peserta didik. Implementasi penanaman karakter disiplin melalui pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan beberapa cara antara lain: penerapan peraturan, pembiasaan, pemberian penghargaan dan hukuman, serta konsistensi. Penanaman karakter disiplin membawa perubahan pada diri peserta didik untuk selalu bertanggung jawab terhadap tugas dan mengumpulkannya tepat waktu, mempertahankan dan meningkatkan prestasi akademik, serta terbiasa menerapkan aturan yang telah ditetapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183049 ISNA NURLELA
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:16
Last Modified: 27 Jun 2022 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26339

Actions (login required)

View Item View Item