HIKMATUL MAULA, 12201183386 (2022) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA LANSIA DI MASJID SETONO GEDONG KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (830kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (362kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Penerapan metode Ummi, Baca Tulis Al-Quran Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya warga lansia yang merasa cara mengajinya masih kurang baik dan benar, mereka menyadari bahwasannya umur mereka tidak panjang lagi, mereka menginginkan diakhir hari tuanya untuk mengisi hal-hal positif yang bermanfaat bagi dirinya, mereka mempunyai sifat tidak gengsi atau malu untuk mengikuti perkumpulan warga lansia di Masjid Setono Gedong untuk belajar al-quran dari tahap terendah serta bercampur baur dengan anak muda. Mereka mempuyai prinsip yang tidak semua orang lansia miliki. Mengingat usia lansia sangat rentan dengan kelupaan serta sangat sulit mencerna materi, namun didalam metode Ummi dengan kasih sayang yang tulus serta kesabaran dan semangat yang sangat tinggi akan bisa mencetak lulusan lansia yang baik dan benar dalam melafalkan al-qur’an selain itu mayoritas guru yang mengajar disana adalah lulusan Metode Ummi serta ketika itu metode yang paling mudah dan familiar adalah Metode Ummi. Didalam kelompok tersebut diajar oleh satu ustadzah atau ustad dengan tujuh orang siswa khusus lansia, pengajar yang sudah bersertifikat Ummi, Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan Metode Ummi dalam pembelajaran Al-quran pada lansia di Masjid Setono Gedong Kota Kediri; (2) Bagaimana pelaksanaan metode ummi dalam pembelajaran Al-quran pada lansia di Masjid Setono Gedong Kota Kediri; (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan metode ummi dalam pembelajaran Alquran pada lansia di Masjid Setono Gedong Kota Kediri. Tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Metode Ummi dalam pembelajaran Al-quran pada lansia di Masjid Setono Gedong Kediri; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode ummi dalam pembelajaran Al-quran pada lansia di Masjid Setono Gedong Kediri; (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan metode ummi dalam pembelajaran Al-quran pada lansia di Masjid Setono Gedong Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tujuan memahami realitas sosial serta memahami fenomena yang dialami subyek. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Perencanaan metode ummi dalam meningkatkan membaca Al- qur'an lansia di Masjid Setono Gedong Kota Kediri bertujuan untuk mengklasifikasikan pembagian jilid, pembagian target yang harus ditempuh oleh setiap siswa, pembagian materi, pembagian waktu ketika kegiatan belajar, serta kelompok peserta didik yang masing-masing kelompok terdiri tujuh orang murid khusus lansia berdasarkan kemampuan membaca Al-qur’an yang didampingi oleh ustadz/ustadzah yang mumpuni yang telah lulus 7 program metode Ummi salah satunya tahsin serta sertifikasian guru Ummi. (2) Pelaksanaan metode ummi dalam meningkatkan membaca Al- qur'an lansia di Masjid Setono Gedong Kota Kediri dalam pembelajaran metode Ummi lansia dilakukan selama 5 kali pertemuan dalam satu minggu, hari senin kamis di masjid sedangkan hari selasa rabu jumat di rumah ustadzah Muhajir, pembelajaran menggunakan klasikal baca simak guru membacakan lalu murid menirukan secara perlahan dengan menggunakan nada ummi. (3) Evaluasi metode ummi dalam meningkatkan membaca Al- qur'an lansia di Masjid Setono Gedong Kota Kediri berupa evaluasi harian ketika melakukan kenaikan jilid atau kenaikan halaman jilid yang termuat penilaiannya pada buku penilaian tes kenaikan jilid/halaman di buku pedoman Ummi, dinyatakan lulus jika nilai yang didapatkan rata-rata A, setelah tahap itu selesai bisa mengikuti ujian tahsin dan sertifikasian guru Ummi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Metode Pembelajaran Ormas Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183386 Hikmatul Maula |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:28 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 02:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26431 |
Actions (login required)
View Item |