IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI RA NURUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NAELLA FAUZIAH, 17206163019 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI RA NURUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (274kB)

Abstract

ABSTRAK Naella Fauziah, 2020. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Daring dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Ilmu Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung, Pembimbing Arman Marwing, M.A Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Kemampuan Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembatasan sosial yang disebabkan pandemi covid-19 yang mengharuskan pembelajaran sekolah dilakukan secara online. Padahal kemampuan sosial adalah salah satu aspek yang paling penting untuk dioptimalkan dimasa golden age. Sehingga peneliti tertarik untuk menggali dan mengetahui lebih dalam tentang bagaimana kemampuan sosial anak di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini (1) Bagaimana tahapan perencanaan pembelajaran kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok B di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung?, (2) Bagaimana implementasi pembelajaran kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok B di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung?, (3) Bagaimana implikasi implementasi dalam pembelajaran kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok B di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung?. Metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri atas 3 orang yang merupakan guru RA Nurul Huda Banjarejo yang mengembangkan model pembelajaran kooperatif, penelitian ini juga menggunakan beberapa informan dari orang tua murid dan siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Tahapan perencanaan pembelajaran kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok B di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung dimulai dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikhususkan pada masa pandemi ini. Kemudian dengan pemilihan materi dan juga kegiatan yang akan diberikan kepada anak. (2) Implementasi dari model pembelajaran kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok B di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung ini terlaksana sesuai rancangan yang telah disusun, meskipun pembelajaran tidak optimal layaknya pembelajaran di dalam kelas. Aspek-aspek kemampuan sosial anak juga berkembang melalui kegiatan yang telah dibuat oleh guru. (3) Implikasi dari implementasi model pembelajaran kooperatif berbasis daring ini dapat meningkatkan kemampuan sosial anak, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan juga memberikan tanggung jawab melalui model pembelajaran yang telah diterapkan. Namun perlu digaris bawahi bahwa kemampuan sosial yang dicapai disini patokannya pada pembelajaran berbasis daring. Jadi jika dibandingkan dengan pembelajaran normal masih kurang optimal akan tetapi jika disesuaikan dengan keadaan seperti sekarangini pembelajaran kooperatif berbasis daring memiliki nilai lebih dari segi pembelajaran yang mengikutsertakan anak langsung dengan tatap muka melalui gawai dibandingkan hanya dengan pemberian tugas. Hasil dari penelitian ini berkontribusi dalam memberikan gambaran mengenai peningkatan kemampuan sosial anak usia dini dimasa pandemi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163019 NAELLA FAUZIAH
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:42
Last Modified: 28 Jun 2022 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26468

Actions (login required)

View Item View Item