ARIFAH, LULUK (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN STAD DI KELAS VIII A DAN VIII D MTsN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
SAMPUL.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Luluk Arifah, NIM. 3214113013, 2015. “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan STAD Di Kelas VIII A Dan VIII D MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Tadris Maematika. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata kunci :Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD, Hasil Belajar Anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran diperlukan langkah-langkah yang sistematis yaitu salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan minat dan semangat siswa dalam belajar matematika. Apabila minat dan semangat siswa dalam belajar matematika meningkat tentunya hasil belajar mereka akan meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut adalah model pembelajaran Jigsaw dan STAD. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan STAD di kelas VIII A dan VIII D MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015?, Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan STAD di kelas VIII A dan VIII D MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII D di MTsN Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data melalui pengamatan, metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah perlakuan dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa kelas VIII A, dan VIII D. Metode analisis data menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji t. Berdasarkan uji t atau uji hipotesis diperoleh t_hitung=-1,422 dan t_tabel=-1,670. Sehingga -t_hitung>-t_tabel yaitu -1,422>-1,670 atau signifikansi >0,05 yaitu 0,16 maka H_0 diterima dan H_a ditolak artinya tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan STAD di kelas VIII A dan VIII D MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | LULUK ARIFAH |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 02:47 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2689 |
Actions (login required)
View Item |