MOHAMAD FUADZEN, 12201183450 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR RUMAH PINTAR SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sebagai barometer peradaban ternyata masih mensisakan jurang yang menganga lebar, memisahkan antara pendidikan dengan kehidupan nyata dan antara agama dengan pengetahuan. Dari pokok persoalan inilah muncul persoalan turunan yang semakin menggila jika tidak segera mendapatkan penanganan. Menyadari hal itu peneliti mengangkat konsep pendidikan profetik sebagai solusi guna mengurai silang sengkarut yang ada. Sebuah konsep yang memiliki spirit humanisasi, liberasi, dan transendensi sebagai lokomotif penggeraknya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan profetik humanisasi di Lembaga Bimbingan Belajar Rumah Pintar Selopuro Blitar? (2) Bagaimana implementasi pendidikan profetik liberasi di Lembaga Bimbingan Belajar Rumah Pintar Selopuro Blitar? (3) Bagaimana implementasi pendidikan profetik transendensi di Lembaga Bimbingan Belajar Rumah Pintar Selopuro Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan profetik humanisasi, liberasi, dan transendensi di Lembaga Bimbingan Belajar Rumah Pintar Selopuro Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi 1) penulis untuk menambah wawasan serta pengetahuan dalam dunia Pendidikan, khususnya dalam hal implementasi Pendidikan profetik. 2) Siswa, untuk menambah informasi tentang Pendidikan profetik, dan pengimplementasian yang dilakukan oleh Lembaga bimbel. 3) Pendidik, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi atau bahan masukan bagi guru dalam mengembangkan implementasi-implementasi selanjutnya atas Pendidikan profetik. 4) Ilmu pengetahuan, menambah pengetahuan dan memperkaya hasil penelitian yang telah ada dan dapat memberi gambaran mengenai implementasi Pendidikan profetik. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi. Dimana teknik ini terdiri dari observasi partisipatif, wawancara dan dokumen. Untuk teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif miles dan Huberman. Teknik ini terdiri dari tiga tahapan. Ketiganya ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat, Hasil dari skripsi ini ialah kegiatan yang ada di Rumah Pintar ini sebagaimana informasi yang diterima peneliti sejalan dan relevan dengan konsep pendidikan profetik. Artinya secara langsung dan nyata konsep pendidikan profetik direalisasikan/implementasikan di Bimbel ini. Untuk pengimplementasian pendidikan profetik humanisasi melalui progam “Satu Ibu, Ibu Bersama” dan progam sosial. Pendidikan profetik liberasi diimplementasikan melalui outbond, pembelajaran hadap masalah, 1 tutor 8 anak, antar jemput dan kelompok belajar, coba gratis, serta calistung. Sedangkan pengimplementasian pendidikan profetik transendensi melalui penegakan peraturan berbasis agama, mauidhotul hasanah/kultum, dan ngaji kitab turats.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183450 Mohamad Fuadzen |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 04:33 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 04:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26988 |
Actions (login required)
View Item |