PENGARUH METODE AL-QOSIMI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA 2 WIDORO

RENI TSAMROTUL ILMI, 12206173050 (2021) PENGARUH METODE AL-QOSIMI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA 2 WIDORO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Reni Tsamrotul Ilmi. 12206173050.2021“Pengaruh Metode Al-Qosimi terhadap Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Widoro.” Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing IbuDr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.IKata kunci:Metode Al-Qosimi, Kemampuan Menghafal Juz ‘AmmaPenelitian pada skripsi ini dilatar belakangi bahwa kurang ketertarikan anak dalam menghafal juz ‘amma sehingga anak kurang dapat mendapat materi hafalan surat. Maka perlu diperhatikan metode yang tepat bagi anak, yakni yang menarik dengan seperti menggunakan irama. Dengan menggunakan irama anak tidak merasa menghafal karena membaca dengan menggunakan irama dianggapnya sebagai bernyanyi lagusehingga anak dapat menghafal surat lebih banyak. Dengan demikian peneliti tertarik untuk meneliti tentang Pengaruh Metode Al-Qosimi terhadap Kemampuan Menghafal Juz’Amma pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Widoro. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh metode al qosimi terhadap kemampuan menghafal juz ‘amma pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Widoro?2) Seberapa besar pengaruh metode al qosimi terhadap kemampuan menghafal juz ‘amma anak kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Widoro?. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan jenis Pre Eksperimental Design dengan bentuk One Groub Pre-Test Posttest. Populasi anak usia dinipada penelitian ini adalah seluruh siswa/anak kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Widoro tahun pelajaran 2020/2021. Data diambil dengan pengembangan instrument menggunakan Skala Likertkemudian dianalisis dengan uji Wilcoxon Match Pair Test.Hasil dari penelitian didapatkan: 1) Ada pengaruh metode al-Qosimi terhadap kemampuan menghafal juz ‘amma pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Widoro. Hal tersebut ditunjukkan dari uji Wilcoxon Match Pair Testkemampuan menghafal juz ‘amma antara sebelum dan sesudah metode al-qosimi didapat nilai asymp.sig. (2 tailed) sebesar 0,005 < 0,05. 2) Metode al-qosimi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kemampuan menghafal juz ‘amma pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Widoro. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil dari nilai rata-rata uji N-Gain Score sebesar 73% yang artinya metode al-Qosimi cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menghafal juz ‘amma pada anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: mahasiswa 12206173050 RENI TSAMROTUL ILMI
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:03
Last Modified: 08 Jul 2022 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27008

Actions (login required)

View Item View Item