PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN KONSTEKS MOTIF BATIK TULUNGAGUNG PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI KELAS IX SMP

DEVIN ANGGRAENI FITRI, 12204183235 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN KONSTEKS MOTIF BATIK TULUNGAGUNG PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI KELAS IX SMP. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (16kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Motif Batik Tulungagung Pada Materi Geometri Transformasi untuk Kelas IX SMP” ini ditulis oleh Devin Anggraeni Fitri, NIM. 12204183235, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Geometri Transformasi, Etnomatematika Pendidikan nasional merupakan upaya mengembangkan kemampuan dan membentuk waktu serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan erat kaitannya dengan kurikulum. Seiring perubahan jaman, kurikulum juga mengalami proses pengembangan. Berdasarkan Permendikbud No 35 Tahun 2018, pengembangan kurikulum 2013 disebabkan oleh faktor internal (bonus demografi) dan faktor eksternal (hasil PISA 2018). Selain itu mahasiswa pendidikan matematika dianggap perlu mengambil andil dalam memajukan Pendidikan. Salah satu caranya dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. Hal tersebut didukung dengan hasil observasi selama magang di SMP N 1 Sanankulon yang menyatakan bahwa baik siswa maupun guru sangat memerlukan bahan ajar tambahan dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti memutukan untuk melakukan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS berbasis etnomatematika dengan konteks motif batik Tulungagung pada materi geometri transformasi kelas IX SMP sesuai dengan kurikulum 2013. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran dari segi kelayakan dengan tiga aspek penilaian yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang meliputi Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Dessiminate (penyebaran). Pengembangan RPP disesuaikan dengan Permendikbud No. 65 Tahun 2013 secangkan pengembangan LKS disesuaikan dengan Permendikbur No. 71 Tahun 2013. Data dalam peneltian diperoleh dari angket kesulitan guru dalam menyusun RPP dan LKS, angket validasi oleh dosen ahli, angket respon guru, angket respon siswa dan hasil belajar matematika siswa melalui test uji kompetensi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS berbasis etnomatematika dengan konteks motif batik Tulungagung pada materi geometri transformasi kelas IX SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kevalidan produk berdasarkan penilaian dosen ahli mendapatkan kriteria valid dengan persentase validasi RPP 89,72% dan persentase validasi LKS 87%, (2) Kepraktisan produk berdasarkan angket respon guru mendapatkan kriteria sangat praktis dengan persentase kepraktisan 92%, angket respon siswa dari UPT SMP N 1 Sanankulon menunjukkan kategori praktis dengan persentase kepraktisan 77,76% dan dari MTs N 1 Blitar menunjukkan kategori sangat praktis dengan persentase kepraktisan 85,7%, (3) Keefektifan produk berdasarkan hasil tes uji kompetensi mendapat kategori efektif dengan persentase ketuntasan belajar siswa di UPT SMP N 1 Sanankulon sebesar 67,74 % dan 76 % untuk MTs N 1 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Etnomatematika
Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183235 Devin Anggraeni Fitri
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:03
Last Modified: 14 Jul 2022 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27045

Actions (login required)

View Item View Item