ERIKA YULISTIYAH, 12204183024 (2022) ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF IMPLUSIF. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (802kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Analisis Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Implusif” ditulis oleh Erika Yulistiyah. NIM. 12204183024, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Representasi Matematis, Sistem Persamaan Linear, Gaya Kognitif Reflektif-Implusif Representasi matematis merupakan suatu ungkapan ide atau gagasan yang bisa berupa suatu masalah, pernyataan, definisi, ataupun lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk menunjukkan hasil kerjanya dengan berbagai cara baik secara konvensional maupun non konvensional sebagai hasil interprestasi dari pemikirannya. Perbedaan gaya kognitif siswa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear. Pada penelitian ini representasi matematis difokuskan pada representasi visual, simbolik, dan verbal yang ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan implusif. Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah (1) Untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear, (2) Untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa bergaya kognitif implusif dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menetapkan empat subjek penelitian dari hasil tes gaya kognitif reflektif dan implusif. Ke empat subjek penelitian ini terdiri dari dua subjek bergaya kognitif reflektif dan dua subjek bergaya kognitif implusif. Setelah menetapkan empat subjek tersebut peneliti Malukan tes masalah Sistem Persamaan Linear yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Peneliti juga melakukan wawancara terhadap ke empat subjek tersebut yang dilakukan setelah subjek melaksanakan tes. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di MTsN 1 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) representasi matematis siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear adalah siswa mampu menggunakan representasi visual dan simbolik serta verbal namun masih kurang tepat; (2) representasi siswa bergaya kognitif implusif mampu menggunakan representasi verbal yaitu siswa mampu menuliskan data ke dalam bentuk teks tertulis, menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui, ditanyakan, langkah penyelesaian dan hasil akhir jawaban dari soal yang diselesaikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Matematika > Linear Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183024 ERIKA YULISTIYAH |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:44 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27054 |
Actions (login required)
View Item |