MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MAN 3 TULUNGAGUNG

KHOLID FATWALLOH, 12207183128 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 3 Tulungagung”, ini ditulis oleh Kholid Fatwalloh, NIM. 12207183128, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ahmad Fahrudin, M. Pd., NIP. 198902102019031022 Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Mutu Lulusan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya mutu lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan di Indonesia. Selain itu, lembaga pendidikan harus mampu mempertahankan eksistensinya sebagai penyelenggara pendidikan dengan menghasilkan lulusan bermutu yang memenuhi standar kompetensi serta kebutuhan masyarakat. Peningkatan mutu lulusan dapat dilakukan melalui proses manajemen kesiswaan yang baik dengan tetap memperhatikan kualitas input, proses dan output pendidikan. Adanya manajemen kesiswaan yang dilakukan di MAN 3 Tulungagung diharapkan dapat menjadi role model bagi lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu lulusan melalui inovasi yang dilakukan dalam meningkatkan keunggulan dan daya saing para siswanya. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 3 Tulungagung? Tujuan penelitian ini disusun: (1) Untuk mengetahui perencaaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 3 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus didesain menggunakan studi kasus tunggal. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Perencanaan kesiswaan dilakukan mencakup 2 hal yaitu perencanaan program kegiatan kesiswaan dan perencanaan siswa baru. Perencanaan program kesiswaan dilakukan secara sistematis melalui rapat dengan ruang lingkup diantaranya perkiraan/analisis, perumusan target, perumusan program, penjadwalan dan pembiayaan. Perencanaan disusun secara realistis mempertimbangkan tujuan madrasah, bakat minat siswa dan sumberdaya yang dimiliki. Sedangkan penerimaan siswa baru mengacu pada prosedur yang ada dalam Juknis penerimaan peserta didik baru tahun 2022 dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam dengan menggunakan sistem promosi/daya tampung. Kriteria siswa baru yang diharapkan yaitu memiliki kemampuan baca tulis Al Qur’an dan memiliki prestasi. (2) Pelaksanaan pembinaan kesiswaan dibagi menjadi dua jenis yaitu pembinaan akademik/kurikuler yaitu pembinaan untuk meningkatkan prestasi akademik pada mata pelajaran tertentu atau pembinaan ketrampilan tertentu yang diatur dalam kurikulum dalam jam pelajaran dan wajib diikuti siswa. Sedangkan pembinaan non-akademik dilakukan melalui beberapa jalur diantaranya adalah pembinaan kedisiplinan, pembinaan organisasi dan kepemimpinan, pembinaan ekstrakurikuler dan pembinaan keagamaan. (3) Evaluasi kegiatan siswa dilakukan dengan penilaian keberhasilan kegiatan berdasarkan tolak ukur tertentu diantaranya adalah ketercapaian tujuan, capaian tahun sebelumnya dan keaktifan siswa. Data untuk mendukung evaluasi diperoleh kepala madrasah dari hasil pengawasan dan dari laporan pertanggungjawaban. Hasil evaluasi akan ditindak lanjuti untuk perbaikan. Kontribusi manajemen kesiswaan adalah capaian prestasi siswa yang menunjukan siswa memiliki keunggulan dan dapat bersaing. Kendala yang dihadapi yaitu adanya pandemi sehingga pelaksanaan pembinaan kurang maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa 12207183128 Kholid Fatwalloh
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:18
Last Modified: 15 Jul 2022 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27126

Actions (login required)

View Item View Item