KORELASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTsN ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

MUNIR, NASRUL (2015) KORELASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTsN ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Munir, Nasrul. 3214113023. 2015. Korelasi Kemampuan Penalaran Matematika Dengan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung Tahun Aajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung, Pembimbing. Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematika, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar Pendidikan mempunyai peran penting bagi perkembangan bangsa dan negara. Matematika merupakan mata pelajaran yang diberikan dalam semua jenjang pendidikan. Untuk membangun gagasan ataupun membuktikan suatu gagasan dalam matematika diperlukan penalaran. Proses bernalar perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika karena dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan dalam matematika yaitu dari yang hanya sekedar mengingat fakta, aturan dan prosedur kepada kemampuan pemahaman. Salah satu indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan kemampuan penalaran matematika dengan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran matematika dengan hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian korelasional dengan teknik analisis data statistik korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-C sejumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) tes, untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika dan hasil belajar siswa (2) dokumentasi, untuk mengetahui keadaan guru dan siswa, (3) observasi, untuk mengetahui letak geografis MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan korelasi product moment. Hasil analisa data diperoleh koefisien korelasi r_empirik=0,675 dan r_tabel=0,316 (n = 39 dan taraf signifikansi 5%). Oleh karena r_empirik>r_tabel maka penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran denagn hasil belajar materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: nasrul munir
Date Deposited: 25 Nov 2015 03:09
Last Modified: 25 Nov 2015 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item