IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

NURIN NUR DIANI, 12207183091 (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Nurin Nur Diani, Manajemen Pendidikan Islam (MPI), NIM. 12207183091, Tahun 2022 yang dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S. Ag., M.H.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Pendidikan di Indonesia berawal dari adanya penerapan sistem sentralistik artinya semua keputusan dilimpahkan di pusat. Dengan adanya sistem tersebut pendidikan tidak berjalan baik, karena sekolah tidak diberikan delegasi penuh untuk mengatur sendiri urusan pendidikan di sekolah. Sistem MBS muncul, sistem ini memiliki sisi postif untuk tingkat sekolah karena mampu memberikan kesempatan penuh agar sekolah lebih mandiri dalam meningkatkan berbagai kapasitas yang tersedia di sekolah agar selaras dengan tuntutan maupun harapan masyarakat setempat Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu 1) Mengetahui kemandirian kepala sekolah terhadap implementasi MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. 2) Mengetahui bentuk peran serta masyarakat terhadap implementasi MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. 3) Mengetahui akuntabilitas kepala sekolah terhadap implementasi MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti memperoleh data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekukan observasi, triangulasi, dan diskusi dengan teman. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Kemandirian kepala sekolah terhadap implementasi MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan sudah baik, hal tersebut dibuktikan dari kewenangan kepala sekolah saat merencanakan dan melaksanakan program dan kegiatan yang ada di sekolah, adanya kepemimpinan yang demokrasi, rapat rutin dan bimbingan kepada tenaga pendidik dan kependidikan minimal satu minggu sekali, kepala sekolah memiliki kemandirian terhadap pengembangan SDM (tenaga pendidik dan kependidikan), kepala sekolah juga mempunyai kemandirian dalam melaksanakan evaluasi dan mengawasi kegiatan dan program sekolah demi mendukung keberhasilan dalam implementasi MBS di sekolah. 2) Bentuk peran serta masayrakat terhadap implementasi MBS berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan melalui peran serta masyarakat internal dan eksternal. Peran masyarakat internal dilihat dari adanya hubungan kerjasama yang baik dari semua personel sekolah, dan peran masyarakat eksternal dilihat dari hubungan kerjasama dengan lembaga mitra yang disertai dengan perjanjian MoU, serta adanya hubungan baik dengan orangtua siswa serta komite sekolah. 3) Akuntabilitas kepala sekolah berjalan dengan baik, hal tersebut dibuktikan melalui akuntabilitas kepala sekolah dalam kegiatan dan program sekolah seperti dalam hal input, proses dan output sekolah yang baik. Selain itu kepala sekolah membuat laporan pertanggungjawaban secara tertulis dengan menghadirkan komite dan masyarakat, kemudian adanya respon yang baik dari komite dan masyarakat terkait akuntabilitas dari kepala sekolah. Kata Kunci: Implementasi MBS, Mutu pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183091 NURIN NUR DIANI
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:39
Last Modified: 18 Jul 2022 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27277

Actions (login required)

View Item View Item