SETIYANINGSIH, LILIS (2015) PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR BACA AL-QUR’AN SISWA DI SDN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
sampul luar&dalam skripsi.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text
BAB II TINJAUAN TEORI.pdf Download (743kB) |
||
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK LILIS SETIYANINGSIH. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Retno Indayati, M.Si. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Siswa di SDN 1 Bandung Tulungagung. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: Upaya Guru, Minat Baca Al-Qur’an Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengajarkan Al-Qur’an secara tartil siswa di SDN 1 Bandung Tulungagung? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa di SDN 1 Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana solusi guru Pendidikan Agama Islam mengatasi hambatan dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa di SDN 1 Bandung Tulungagung? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah studikasus, dengan demikian kehadiran peneliti di lapangan sangat penting dan diperlukan secara optimal. Lokasi penelitian ini terletak di SDN 1 Bandung, adapun data yang peneliti dapatkan berasal dari hasil dokumentasi, hasil observasi dan hasil wawancara kepada kepala SDN 1 Bandung dan kepada guru SDN 1 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengajarkan Al-Qur’an secara tartil melalui pembiasaan sebagai kegiatan rutin siswa membaca Al-Qur’an di sekolah, memberikan point kedalam daftar nilai sebagai penilaian dari kegiatan mengajar Al-Qur’an, memberikan penghargaan bagi siswa yang aktif dan berprestasi dalam belajar Al-Qur’an, mengadakan kompetisi/lomba-lomba hari besar Islam agar bisa memikat anak menjadi gemar mempelajari Al-Qur’an, menerapkan empat metode penyampaian dalam proses mengajarkan Al-Qur’an secara tartil diantaranya metode klasikal (klasikal baca: simak), metode individual, metode drill (latihan) dan metode pemberian tugas, serta menggunakan media jilid dan Al-Qur’an dalam proses pembelajarannya. Adapun dalam melakukan upaya tersebut, guru menghadapi beberapa faktor pendukung diantaranya adanya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran/adanya minat dari anak didik, adanya peran aktif dari guru yang mendorong semangat anak untuk rajin belajar dan tersedianya fasilitas yang dapat menunjang proses belajar anak didik, faktor penghambat diantaranya kurangnya kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an, kurangnya alokasi waktu pembelajaran Al-Qur’an dan kurangnya kesadaran orang tua yang tidak memperhatikan secara maksimal belajar anaknya. Dari beberapa hambatan adapun solusinya dengan pemberian reinforcement/penguatan dalam mengatasi kurangnya kedisiplinan anak dan mengadakan kompetisi/lomba peringatan hari besar Islam dalam mengatasi alokasi waktu pembelajaran Al-Qur’an yang kurang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LILIS SETIYANINGSIH |
Date Deposited: | 25 Nov 2015 07:20 |
Last Modified: | 25 Nov 2015 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2730 |
Actions (login required)
View Item |