MANAJEMEN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MOJOKERTO

RIZMA FRASSISKA SEPTIANDARI, 12207183016 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Pembelajaran Keterampilan Berbasis Entrepreneurship Di MAN 2 Mojokerto” ini ditulis oleh Rizma Frassiska Septiandari, NIM. 12207183016. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag., NIP. 19751211 200212 2 001. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Keterampilan, dan Kewirausahaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena manajemen pembelajaran keterampilan berbasis entrepreneurship, yang dimana tantangan terbesar bangsa Indonesia adalah masalah pembangunan ekonomi. Padahal pembangunan ekonomi sendiri juga penting guna memberikan pertumbuhan dan kesejahteraan bangsa Indonesia itu sendiri. Semakin bertambahnya sumber daya manusia, maka akan semakin banyak pula pengangguran. Maka dari itu salah satu langkah yang paling penting dalam upaya membangun dan mengembangkan perekonomian bangsa Indonesia adalah dengan pelatihan kawirausahaan. Dengan pelatihan jiwa wirausaha diharapkan dapat mencetak generasi yang dapat berinovasi, mandiri, berkreasi. Sudah banyak sekali sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran keterampilan entrepreneurship yang menggiring peserta didik untuk lebih mandiri dan dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri, secara otomatis jika sekolah bisa menciptakan lulusan yang berkualitas. Sekolah tersebut salah satunya adalah Madrasah Aliyah Negeri 2 Mojokerto. Maka dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengangkat tema manajemen pembelajaran keterampilan berbasis entrepreneurship di MAN 2 Mojokerto. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah; 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran keterampilan berbasis entrepreneurship di MAN 2 Mojokerto?; 2) Bagaimana pelaksananaan pembelajaran keterampilan berbasis entrepreneurship di MAN 2 Mojokerto?; 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran keterampilan berbasis entrepreneurship di MAN 2 Mojokerto? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini fenomenologi-naturistik (mengamati peristiwa atau fenomena yang ada di lapangan). Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi yag diperoleh dari sumber data diantaranya kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dan kepala bengkel keterampilan. Teknis analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran keterampilan berbasis entrepreneurship di MAN 2 Mojokerto dilaksanakan dalam jangka panjang yang meliuti perencanaan pengembangan pembelajaran keterampilan entrepeneurship, jangka nenengah yang dilaksanakan dengan menyusun tujuan pembelajaran, struktur organisasi beserta job deskripsinya, dan jangka pendek yang memuat hal-hal yang bersifat prosedural dengan mencetak peserta didik yang berjiwa wirausaha, kreatif, inovatif, terampil, dan berwawasan global. 2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbasis entreprneurship di MAN 2 Mojokerto dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, eksperimen, dan karyawisata. Metode ceramah yang cara penyampaiannya informasi dilakukan secara lisan kepada peserta didik, metode diskusi dilakukan dengan berkelompok dengan cara saling bertukar informasi dan pendapat, metode eksperimen yang dimana siswa melakukan sebuah percobaan dengan praktek langsung, dan metode karyawisata yang dilakukan diluar sekolah dengan melalui sebuah kunjungan industri ke berbagai macam perusahaan.3) Evaluasi pembelajaran keterampilan berbasis entrepreneurship di MAN 2 Mojokerto dilaksanakan secara sumatif, diagnostik, dan formatif. Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar peserta didik, evaluasi diagnostik adalah evaluasi ntuk mencari kelemahan peserta didik beserta faktor penyebab dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbasis entrepreneurship, dan evaluasi formatif adalah evaluasi untuk meningkatkan proses belajar mengajar agar kegiatan tahun selanjutnya terlaksana lebih baik lagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Entrepreneur
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183016 Rizma Frassiska Septiandari
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:54
Last Modified: 15 Jul 2022 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27434

Actions (login required)

View Item View Item