MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISTEM BOARDING SCHOOL DI MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR

PUJI TUT PRIANI, 12207183061 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISTEM BOARDING SCHOOL DI MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Pembelajaran Sistem Boarding School di MA Ma’arif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Puji Tut Priani, NIM: 12207183061, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Luluk Indarti, M.Pd.I., NIDN.2008057804. Kata Kunci: manajemen pembelajaran, sistem boarding school Masyarakat yang semakin maju, juga menghendaki lembaga pendidikan yang maju dan menjanjikan pula. salah satu cara yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan saat ini untuk menjawab tantangan perkembangan masyarakat adalah dengan manajemen pembelajaran sebaik mungkin, yang mana banyaknya persaingan didalam lembaga pendidikan perlunya adanya inovasi program yang perlu diperkuat, seperti halnya adanya sistem boarding school yang mana dengan adanya sistem tersebut memberikan pengaruh yang baik terhadap masyarakat dan juga peserta didik. Akan tetapi perlu diketahui dengan adanya boarding school jangan mengabaikan manajemen pembelajaran. Dalam hal ini peneliti akan mengkaji tentang manajemen pembelajaran sistem boarding school. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran di MA Ma’arif NU Kota Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajarn di MA Ma’arif NU Kota Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran di MA Ma’arif NU Kota Blitar? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di MA Ma’arif NU Kota Blitar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada kepala madrasah, waka kurikulum, dan para guru. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan ketekunan pengamatan, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisa data terdiri, peyimpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan silabus dan juga RPP disinkronkan dengan internal madrasah, yang mana menggunakan sistem boarding school (sekolah berasrama), (2) pelaksanaan pembelajaran ada tiga waktu, untuk waktu pertama untuk sekolah formal, untuk waktu kedua untuk keterampilan, dan waktu ketiga untuk diniyah, dan menngunakan kurikulum darurat (3) evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi formatif yaitu penilaian berupa tes yang dilakukan setelah satu pokok bahasan selesai dipelajari peserta didik dan evaluasi sumatif yaitu penilaian berupa tes yang dilaksanakan setelah proses belajar mengajar selesai dalam jangka waktu tertentu yaitu satu semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183061 PUJI TUT PRIANI
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:37
Last Modified: 15 Jul 2022 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27457

Actions (login required)

View Item View Item