Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa di SMP Islam Durenan

Susanti, Nofi (2014) Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa di SMP Islam Durenan. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (596kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Upaya, Guru Fiqih, dan Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Berjama’ah Peneliti dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan keagamaan yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak muslim yang belum begitu faham mengenai pembelajaran dan hikmah-hikmah shalat berjama’ah. Padahal dengan shalat berjama’ah dapat melatih anak-anak menjadikan pribadi muslim yang bersosial tinggi dan peduli akan keadaan di sekitar mereka. Saat ini, anak-anak yang lebih disibukkan dengan urusan sekolah serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak muslim yang kurang disiplin dalam shalat berjama’ahnya di rumah. Di SMP Islam Durenan para guru fiqih berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mengajarkan dan mendisiplinkan shalat berjama’ah siswanya terutama pada saat shalat dhuha dan dhuhur di sela-sela jam mata pelajaran agama seperti Fiqih, Qur’an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Akidah Akhlak pada siswanya sehingga tercipta kader-kader Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Fokus penelitian masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Apakah metode yang digunakan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah siswa di SMP Islam Durenan ? (2) Apa saja hambatan-hambatan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di SMP Islam Durenan ? (3) Bagaimana solusi guru fiqih dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di SMP Islam Durenan?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui metode yang digunakan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di SMP Islam Durenan. (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di SMP Islam Durenan. (3) Untuk mengetahui solusi guru fiqih dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di SMP Islam Durenan. Skripsi ini sangat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi dunia pendidikan pada umumnya untuk bahan refrensi dalam rangka uapay meningkatkan kedisiplinan, sebagai sumbangan pemikiran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Skripsi ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah penulis mengadakan penelitian memperoleh hasil bahwa : (1) metode yang digunakan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah : melalui metode pengajaran, xvii melalui metode pembiasaan, melalui metode keteladanan, dan melalui metode hukuman. (2) hambatan guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah: latar belakang keluarga siswa, kurangnya kesadaran dari siswa, dan minimnya sarana yang dimiliki. (3) solusi yang dilakukan guru fiqih dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah : peran serta orang tua di rumah, memberikan bimbingan pada siswa, dan mambangun/memperluas sarana yang dimiliki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 04:15
Last Modified: 02 Dec 2014 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item