STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

Muhammad Taris, 12201183106 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (916kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru merupakan salah satu faktor yang berperan penting agar guru dapat mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru dalam praktiknya dituntut untuk menguasai strategi pembelajaran yang akan digunakan agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan dan lebih semangat dalam belajar. Oleh karena itu, penerapan strategi pembelajaran yang tepat oleh seorang guru, diharapkan mampu memberikan dampak terhadap motivasi belajar siswa. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perencanaan strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, (2) untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, (3) untuk mengetahui evaluasi strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Data penelitian adalah perencanaan strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, implementasi strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, dan evaluasi strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Sementara sumber data diperoleh dari: guru PAI, kepala sekolah, dan siswa kelas 8. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan strategi pembelajaran guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung menyesuaikan dengan prinsip strategi pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (2) Implementasi strategi pembelajaran guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung melakukan apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran dengan memperhatikan urutan materi pembelajaran, ruang lingkup, dan jenis materi pembelajaran, melakukan umpan balik, melakukan tes atau penilaian, melakukan kegiatan lanjutan, dan berperan sebagai motivator dengan memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa (3) Evaluasi strategi pembelajaran guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung melakukan perencanaan tes atau penilaian, menentukan hasil evaluasi strategi pembelajaran, dan memperbaiki atau menyempurnakan kembali strategi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183106 Muhammad Taris
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:36
Last Modified: 28 Jul 2022 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27547

Actions (login required)

View Item View Item