KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG

ANGGA AGUSTA, 12204173177 (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Analitis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung” ini ditulis oleh Angga Agusta, NIM. 12204173177, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Berpikir Analitis, Menyelesaikan Masalah, Open Ended Kemampuan berpikir yang penting dalam pembelajaran matematika salah satunya adalah kemampuan berpikir analitis. Berpikir analitis adalah kemampuan siswa untuk memperinci masalah, menghubungkan unsur yang ada agar dapat dikombinasikan dengan cara baru untuk menghasilkan solusi berdasarkan akal pikiran yang logis. Kemampuan berpikir analitis masih jarang ditekankan pada pembelajaran. Sebagian siswa nampak kesulitan, kebingungan, dan belum mampu menguraikan informasi sehingga belum dapat memecahkan masalah dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah open ended materi bangun ruang sisi datar di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah open ended materi bangun ruang sisi datar di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitis siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah open ended materi bangun ruang sisi datar di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Lokasi penelitian di Mts Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir analitis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah open ended materi bangun ruang sisi datar memenuhi indikator differentiating, organizing, dan attributing. (2) Kemampuan berpikir analitis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah open ended materi bangun ruang sisi datar memenuhi indikator differentiating dan organizing, namun belum mampu menyelesaikan permasalahan dengan tepat serta belum mencantumkan kesimpulan. (3) Kemampuan berpikir analitis siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah open ended materi bangun ruang sisi datar memenuhi indikator differentiating dan organizing, namun belum mampu menyelesaikan permasalahan dengan tepat secara prosedural dan konseptual serta belum mencantumkan kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173177 ANGGA AGUSTA
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:53
Last Modified: 19 Jul 2022 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27683

Actions (login required)

View Item View Item