ANIS NUR FADLILAH, 12201183181 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (969kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Anis Nur Fadlilah, NIM. 12201183181, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Hasanal Khuluqi, S.Ud., M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menumbuhkan motivasi belajar siswa di sekolah. Karena motivasi merupakan energi penggerak yang dapat mendorong siswa untuk melakukan kegiatan belajar. Tanpa adanya motivasi belajar, aktivitas belajar pada diri siswa juga tidak akan muncul, yang akan menyebabkan mereka menjadi kesulitan untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti kemudian mengaitkan dengan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan ekspositori. Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan siswa, diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi kurangnya motivasi belajar siswa, sehingga siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana gambaran umum strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)? (3) Bagaimana strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung melalui strategi pembelajaran ekspositori?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan gambaran umum strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung melalui strategi pembelajaran ekspositori. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, Waka Kurukulum, dan peserta didik. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran yang sering digunakan oleh guru PAI adalah menggunakan strategi pembelajaran langsung atau ceramah. Strategi tersebut dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan, yaitu situasi dan kondisi siswa, materi yang akan dibahas, dan tingkat kematangan pengetahuan yang dimiliki siswa. Di SMPN 3 Kedungwaru, terdapat beberapa kondisi yang menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa, seperti siswa yang mengantuk, melamun, dan ramai sendiri. Dalam mengatasi hal tersebut, guru PAI sering menerapkan beberapa strategi berikut, yaitu menciptakan kelas yang kondusif, memberikan tugas, pujian, dan nilai berdasarkan hasil usaha siswa. (2) Strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui strategi CTL, yaitu mengadakan kuis atau tanya jawab, memberikan nilai tambah dan pujian kepada siswa yang aktif dan berprestasi, dan memberikan hukuman kepada siswa yang tidak menerapkan materi yang sudah diajarkan. (3) Strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui strategi ekspositori, yaitu memberikan motivasi dan sugesti positif kepada siswa, menggunakan intonasi yang tepat saat mengajar, melakukan hal-hal lucu secara tidak berlebihan di sela pembelajan, dan memberikan tugas kepada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183181 ANIS NUR FADLILAH |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:41 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27772 |
Actions (login required)
View Item |