SEPTIA SANDRA NURHASANAH, 12205183008 (2022) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM TAHFIDZ AL–QUR’AN DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (333kB) |
||
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru, Pembentukan Krakter, Program Tahfidz AlQur’an. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya penyimpanganpenyimpangan karakter yang terjadi di kalangan pelajar saat ini. Maka dari itu penting sekali membentuk karakter anak sedini mungkin. Sekolah dan Lingkungan pendidikan dapat di jadikan opsi bagi orang tua untuk mengembangkan karakter pada anak di luar lingkungan keluarga. Ini yang membuat sekolah memiliki tanggung jawab yang besar untuk membentuk karakter dan moral peserta didik. Setiap kesuksesan program dalam sekolah pastinya membutuhkan usaha dan kerja sama seorang guru di dalamnya. Adapun penelitian ini membahas tentang peran guru dalam pembentukan karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab peseta didik melalui program tahfids Al-Qur‟an di MIN 1 Tulungagung. Focus dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter jujur melalui Program Tahfidz Al-Qur‟an di MIN 1 Tulungagung?, 2) Bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter disiplin melalui Program Tahfidz Al-Qur‟an di MIN 1 Tulungagung?, 3) Bagamana peran guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab melalui Program Tahfidz AlQur‟an di MIN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitiannya di MIN 1 Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitiannya: 1) Peran guru dalam pembentukan karakter jujur peserta didik melalui program tahfidz Al-Qur‟an MIN 1 Tulungagung adalah sebagai motivator dan penasihat peserta didik, pengajar dan pendidik, dan suri tauladan. 2) Peran guru dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui program tahfidz Al-Qur‟an MIN 1 Tulungagung adalah sebagai pembimbing, motivator, suri tauladan, dan pendidik yang baik.3) Peran guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui program tahfidz Al-Qur‟an MIN 1 Tulungagung adalah sebagai sebagai pendidik, pembimbing, suri tauladan, motivator dan pemberi nasihat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205183008 SEPTIA SANDRA NURHASANAH |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:11 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27808 |
Actions (login required)
View Item |