NEVINAVILA, 12201183418 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (899kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTsN 3 Blitar” ini ditulis oleh Nevinavila, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 12201183418 Tahun 2022 di bimbing Dr. H. Asrop Safi‟i, M.Ag. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Karakter Religius. Fenomena krisisnya karakter religius peserta didik yang berkaitan dengan akhlak yang dihadapkan pada zaman modern ini di antaranya adalah semakin berkembangnya teknologi, informasi yang mudah diakses dan komunikasi yang semakin canggih, secara tidak langsung dapat mempengaruhi pembentukan karakter religius pada peserta didik. Informasi–informasi positif maupun negatif semakin mudah didapatkan. Jika peserta didik tidak dapat menyaring hal positifnya saja. Hal tersebut sangat memungkinkan peserta didik mengikuti arus negatif. Maka guru di MTsN 3 Blitar sebagai komponen sumber daya manusia yang berkewajiban membina peserta didik dalam membentuk karakter religius melakukan strategi komunikasi. Sesuai dengan Visi MTsN 3 Blitar “Terwujudnya lembaga yang menghasilkan lulusan beriman dan bertaqwa, berkarakter, profesional serta berdaya saing global”, guru terus melakukan usaha keras dalam pembentukan karakter religius melalui berbagai komunikasi yang baik. Oleh sebab itu dibutuhkan berbagai strategi komunikasi guru yang dapat membentuk karakter religius peserta didik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi mekanistik guru rumpun pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTsN 3 Blitar? (2) Bagaimana strategi komunikasi psikologis guru rumpun pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTsN 3 Blitar? (3) Bagaimana strategi komunikasi pragmatis guru rumpun pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTsN 3 Blitar? Metode penelitian, Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan keterpercayaan, uji keteralihan data, ketergantungan, dan kepastian. Tahap penelitiannya meliputi tahap persiapan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian (1) Strategi komunikasi mekanistik guru dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui komunikasi satu arah yaitu guru menggunakan metode ceramah pada saat menjelaskan materi kepada peserta didik. Kemudian, komunikasi dua arah yaitu strategi komunikasi personal dan public. Dalam strategi komunikasi mekanistik, keaktifan, keberanian, dantanggung jawab diri peserta didik dapat terbentuk. (2) Strategi komunikasi psikologis guru dalam membentuk karakter religius peserta didik meliputi usaha guru yaitu: strategi menyentuh hati, strategi membimbing, strategi memberi pesan, strategi mengajak, dan strategi pembiasaan. Dalam strategi komunikasi psikologis, rasa saling menghargai ketika berbicara dengan orang lain, menghormati, dan sabar diri peserta didik dapat terbentuk. (3) Strategi komunikasi pragmatis guru dalam membentuk karakter religius peserta didik yaitu guru melakukan pengamatan ucapan, perilaku atau tindakan kepada peserta didik melalui beberapa kegiatan yaitu kegiatan rutin, kegiatan keteladan, dan penerapan dari 5S+BR yang diterapkan di MTsN 3 Blitar. Kegiatan rutin dilakukan untuk membentuk karakter religius peserta didik yaitu sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, membaca asmaul husna dan dzikir. Dalam kegiatan keteladanan yang dilakukan guru untuk membentuk karakter religius peserta didik yang meliputi berprilaku disiplin, memilih berbicara dengan bahasa yang baik, dan taat dengan tata tertib madrasah. Serta penerapan 5S+BR peserta didik MTsN 3 Blitar yaitu senyum, sapa, salam, sopan, santun, bersih dan rapi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183418 NEVINAVILA |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:02 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27820 |
Actions (login required)
View Item |