ANALISIS KEBIJAKAN RECONDITIONING PADA PEMBIAYAAN MODAL KERJA BERMASALAH DENGAN AKAD MURABAHAH (Studi Kasus Pada KKS BMT Hidayah Madani Ngadirejo Pogalan Trenggalek Dan KSPPS Mandiri Perkasa Sejahtera Tasikmadu Watulimo Trenggalek)

IF-FHA ADILIYAN KURNIATA, 12401183052 (2022) ANALISIS KEBIJAKAN RECONDITIONING PADA PEMBIAYAAN MODAL KERJA BERMASALAH DENGAN AKAD MURABAHAH (Studi Kasus Pada KKS BMT Hidayah Madani Ngadirejo Pogalan Trenggalek Dan KSPPS Mandiri Perkasa Sejahtera Tasikmadu Watulimo Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (506kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kebijakan Reconditioning pada Pembiayaan Modal Kerja Bermasalah dengan Akad Murabahah (Studi Kasus pada KKS BMT Hidayah Madani Ngadirejo Pogalan Trenggalek dan KSPPS Mandiri Perkasa Sejahtera Tasikmadu Watulimo Trenggalek)” ini ditulis oleh If-fha Adiliyan Kurniata, NIM 12401183052, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembiayaan modal kerja bermasalah dengan akad murabahah di KKS BMT Hidayah Madani dan KSPPS Mandiri Perkasa Sejahtera.Faktor penyebabnya seperti kurang cakapnya pegawai dan karakter anggota yang kurang baik untuk mengangsur pembiayaan yang diperoleh setelah jatuh tempo.Usaha kedua lembaga tersebut untuk mengatasi risiko pembiayaan bermasalah salah satunya adalah dengan melakukan reconditioning yaitu berupa pemberian keringanan pembayaran bagi hasil tanpa mengurangi sisa kewajiban pokoknya agar pembiayaan yang diberikan dapat ditarik kembali. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cara KKS BMT Hidayah Madani dan KSPPS Mandiri Perkasa Sejahtera menyetujui pengajuan pembiayaan murabahah dari masyarakat atau anggota? (2) Apa faktor-faktor penyebab pembiayaan modal kerja bermasalah diKKS BMT Hidayah Madani dan KSPPS Mandiri Perkasa Sejahtera? (3) Bagaimana cara penyelesaian pembiayaan modal kerja bermasalah di KKS BMT Hidayah Madani dan KSPPS Mandiri Perkasa Sejahtera? (4) Bagaimana cara mengantisipasi terjadinya kembali pembiayaan modal kerja bermasalah di KKS BMT Hidayah Madani dan KSPPS Mandiri Perkasa Sejahtera? Jenis pendekatan ini adalah pendekatan deskriptif dan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data 3Pyaitu Person (orang), Paper (kertas), dan Place (tempat). Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) Cara KKS BMT Hidayah Madani dan KSPPS Mandiri Perkasa Sejahtera menyetujui pengajuan pembiayaan murabahah adalah dengan melakukan analisis pembiayaan 5C. (2) Faktor-faktor penyebab pembiayaan modal kerja bermasalah adalah kurang cakapnya pegawai, karakter anggota yang kurang baik dan jumlah pendapatan anggota yang menurun karena sebab musibah. (3) Cara menyelesaikan pembiayaan modal kerja bermasalah dengan melakukan perubahan struktur pembiayaan. (4) Cara mengantisipasi terjadinya kembali pembiayaan modal kerja bermasalah adalah dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam melakukan survey. Kata kunci: analisis kebijakan reconditioning, pembiayaan modal kerja bermasalah, murabahah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil
Ekonomi > Koperasi
Ekonomi > Modal
Ekonomi > Murabahah
Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183052 IF-FHA ADILIYAN KURNIATA
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:13
Last Modified: 20 Jul 2022 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27831

Actions (login required)

View Item View Item