NURUL LATIFFAH, 12201183057 (2022) PERAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN IBADAH SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTsN 8 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (563kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (445kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Ibadah Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 8 Blitar” ini ditulis oleh Nurul Latiffah, NIM. 12201183057, Pembimbing Bapak Saiful Bahri S.Ag. M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru Fiqih, Ibadah, Pandemi Covid-19 Peran seorang guru fiqih dibutuhkan siswa terutama terhadap ibadahnya. Baik sebagai informator, fasilitator, dan motivator diharapkan mampu meningkatkan ibadah siswa di masa pandemi Covid-19 ini. Dalam hal ini penulis membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Ibadah Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 8 Blitar. Fokus Penelitian adalah 1. Bagaimana peran guru fiqih sebagai informator dalam meningkatkan ibadah siswa pada masa pandemi covid-19 di MTsN 8 Blitar?, 2. Bagaimana peran guru fiqih sebagai fasilitator dalam meningkatkan ibadah siswa pada masa pandemi covid-19 di MTsN 8 Blitar?, 3. Bagaimana peran guru fiqih sebagai motivator dalam meningkatkan ibadah siswa pada masa pandemi covid-19 di MTsN 8 Blitar?. Tujuan penulisan adalah 1. Mengetahui peran guru fiqih sebagai informator dalam meningkatkan ibadah siswa pada masa pandemi covid-19 di MTsN 8 Blitar, 2. Mengetahui peran guru fiqih sebagai fasilitator dalam meningkatkan ibadah siswa pada masa pandemi covid-19 di MTsN 8 Blitar, 3. Mengetahui peran guru fiqih sebagai motivator dalam meningkatkan ibadah siswa pada masa pandemi covid-19 di MTsN 8 Blitar. Penelitian jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan kreadibility yaitu cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan analisis data kasus negatif . Hasil penelitian adalah peran guru fiqih sebagai informator berisi fiqih yang mengajarkan tata cara beribadah yang baik. Guru fiqih memberikan informasi tapi juga keteladanan. Dampaknya ibadah menjadi disiplin, teratur, dan lebih taat. Peran guru fiqih sebagai fasilitator adalah guru memfasilitasi berupa point, nilai, pujian. Dampaknya siswa semakin fasih membaca Alquran, program tahfidz, sedekah setiap hari jum’at. Metode yang digunakan seperti diskusi, ceramah, tanya jawab, discovery learning, permainan jigsaw. Peran guru fiqih sebagai motivator adalah memotivasi dengan cara bercerita kisah perjuangan Rasulullah, wali, sahabat bisa beribadah tanpa gangguan, halangan, siksaan dari kaum non Islam. Juga kisah keajaiban bersedekah. Dampaknya siswa menjadi rajin beribadah dan bersedekah, takut meninggalkan shalat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183057 NURUL LATIFFAH |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:06 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27861 |
Actions (login required)
View Item |