KHUDEWI AZA MAULIA, 12201183008 (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XII MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (893kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelas XII MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Khudewi Aza Maulia, NIM. 12201183008, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pandemi covid-19 yang memberikan dampak signifikan ke dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah juga selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan kasus pandemi covid-19. Hal tersebut menuntut para pendidik harus fleksibel dan mempunyai strategi yang sesuai dengan kondisi di lapangan, sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan maksimal. Khusunya dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang sebagian besar materinya berupa cerita sejarah Islam yang menyeluruh dan mendalam sehingga dibutuhkan kebiasaan membaca bagi para peserta didik agar mampu memahami materi SKI. Sehubungan dengan hal itu, guru SKI dituntut untuk bisa menyampaikan materi yang dapat memberikan pemahaman dengan mudah kepada para peserta didiknya dengan strategi yang sesuai. Selama masa pandemi setiap mata pelajaran hanya diberi waktu 1x45 menit, jadi guru SKI harus bisa menyampaikan materi dengan waktu singkat tetapi tetap mampu menghasilkan output yang baik. Selain itu masih rendahnya kebiasaan membaca para peserta didik menjadikan tantangan tersendiri yang juga harus diselesaikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di masa pandemi covid-19 pada kelas XII MAN 3 Blitar? (2) Bagaimana implementasi strategi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di masa pandemi covid-19 pada kelas XII MAN 3 Blitar? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di masa pandemi covid-19 pada kelas XII MAN 3 Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan perencanaan strategi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di masa pandemi covid-19 pada kelas XII MAN 3 Blitar, (2) Untuk menjelaskan Bagaimana implementasi strategi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di masa pandemi covid-19 pada kelas XII MAN 3 Blitar, (3) Untuk menjelaskan evaluasi strategi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di masa pandemi covid-19 pada kelas XII MAN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecakan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan strategi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di masa pandemi yaitu dengan membuat Recana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan dua versi yaitu RPP online dan RPP offline yang hanya berisi materi essensialnya saja. Kemudian menyiapkan materi yang akan diajarkan dan membagi materi tersebut ke dalam strategi belajar yang berbeda-beda. (2) Implementasi strategi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di masa pandemi yaitu setiap awal masuk materi pembelajaran diberikan tugas untuk membuat peta konsep dan ringkasan materi. Ketika pembelajaran online, tugas-tugas tersebut diberikan melalui media whatsapp, google form, atau google clasroom untuk memudahkan pengumpulan dan pengoreksian. Selain itu, juga membuat video yang berisi pertanyaan beserta jawaban materi SKI yang kemudian diupload di youtube. Jika pembelajaran offline, guru SKI menggunakan strategi ceramah plus dimana materi disampaikan oleh guru SKI yang diselingi tanya jawab dan penugasan. (3) Evaluasi strategi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di masa pandemi yaitu menggunakan Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), penilaian kognitif, penilaian afektif, dan penilaian spiritual. Bagi siswa-siswi yang nilainya tidak memenuhi KKM maka dilakukan remedi dengan mengerjakan soal ulangan kembali dengan open book
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pandemi Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183008 KHUDEWI AZA MAULIA |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:17 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27901 |
Actions (login required)
View Item |