SAMSUL MA' ARIF, 12201183245 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung ). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (584kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung)”. Ini ditulis oleh Samsul Ma’ Arif, NIM. 12201183245, Pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M,Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, pembentukan, Karakter Religius Konteks penelitian ini didasari oleh Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah mulai hilangnya karakter dari para peserta didik yang meliputi hilangnya moral dan sikap saling menghormati dikalangan peserta didik, sikap disiplin dalam pembelajaran disekolah mulai pudar, hingga berkurangnya tingkat kesadaran peserta didik dalam melaksanakan prilaku islami yang masih minim, hal ini dikarenakan perkembangan zaman sekarang yang mulai mempengaruhi prilaku peserta didik, terlebih dari latar belakang pendidikan sebelumnya, lingkungan dan keluarga peserta didik. Dengan permasalahan tersebut dibutuhkan peran serta dari setiap pendidik maupun tenaga kependidikan yang ada di lingkungan sekolah khususnya guru Pendidikan Agama Islam untuk membimbing dan membentuk karakter peserta didik. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar ?, (2) Bagaimana Pelaksanaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI dalam pembentukan karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar ?, (3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar. (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pelaksanaan Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar. (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Hubarman berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius peserta didik yaitu dengan persiapan pembuatan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang didalamnya dimasukkan nilai-nilai karakter dan religius. Perencanaan program pendampingan mengaji dan menghafal Al-Qur’an, sholat dhuha bersama, dan sholat dhuhur berjamaah, (2) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius peserta didik adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori dan strategi pembelajaran Kontekstual. (3) Evaluasi yang dilakukan dalam mengevaluasi pelaksanaan pembentukan karakter religius peserta didik ialah dengan, Melakukan identifikasi kepada peserta didik yang mudah dan sulit diarahkan untuk memiliki karakter religius dengan memberikan penanganan khusus dan tindak lanjut sesuai dengan kebutuhan, dan Menggunakan kontrol ibadah harian atau program BLP (Building Learning Power).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Samsul Ma' Arif |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:12 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27910 |
Actions (login required)
View Item |