ELIFIA LATIFATUL HIDAYAH, 12204183170 (2022) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 8 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skipsi dengan judul “Pemahaman Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 8 Blitar” ini ditulis oleh Elifia Latifatul Hidayah, NIM. 12204183170, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Pemahaman Prosedural, Kemampuan Matematika Ketika menyelesaikan masalah matematika siswa seringkali mengalami kesulitan dan ketidakpahaman. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman konsep dan lemahnya pemahaman prosedur dalam menyelesaikan masalah. Pemahaman konseptual merupakan kemampuan siswa dalam menerapkan definisi, konsep, relasi, dalam berbagai bentuk representasi matematika. Pemahaman prosedural mengacu pada keterampilan siswa dalam melakukan suatu prosedur penyelesaian masalah. Perbedaan pemahaman konseptual dan prosedural setiap siswa disebabkan adanya perbedaan kemampuan matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah SPLDV di kelas VIII MTsN 8 Blitar, (2) untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah SPLDV di kelas VIII MTsN 8 Blitar, (3) untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah SPLDV di kelas VIII MTsN 8 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTsN 8 Blitar yang diikuti oleh siswa kelas VIII C yang berjumlah 30 siswa. Subjek penelitian ini ada 6 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan; mengenali contoh dan noncontoh; menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah; memanipulasi ide-ide terkait; menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip; pemahaman mengenai prosedur secara umum; pemahaman mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar; dan pemahaman dalam menampilkan prosedur secara fleksibel, tepat, dan efisien. (2) siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan; mengenali contoh dan noncontoh; menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah; memanipulasi ide-ide terkait; pemahaman mengenai prosedur secara umum; dan pemahaman mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar. (3) siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan; menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah; dan memanipulasi ide-ide terkait tidak tepat, sehingga indikator yang lainnya juga tidak terpenuhi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204183170 ELIFIA LATIFATUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 02:07 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 02:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27917 |
Actions (login required)
View Item |