STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SDI MA’ARIF TAWANGSARI GARUM

CARELLIA FATIMATUZ ZAHRO, 12205183072 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SDI MA’ARIF TAWANGSARI GARUM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu aspek penting dalam bidang pendidikan yang seharusnya memiliki keahlian dibidang mata pelajaran dan dapat menghasilkan siswa yang berkompetensi. Strategi guru digunakan dalam sebuah kegiatan belajar mengajar untuk menghadapi kesulitan belajar sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam pemilihan strategi pembelajaran Bahasa Arab guru tidak dapat asal memilih strategi, tetapi harus disesuaikan dengan kemahiran kebahasaan yang akan dipelajari oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan belajar Bahasa Arab siswa di SDI Ma’arif Tawangsari Garum. (2) Untuk memaparkan penyebab siswa mengalami kesulitan belajar Bahasa Arab di SDI Ma’arif Tawangsari Garum. (3) Untuk memaparkan strategi guru dalam meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa di SDI Ma’arif Tawangsari Garum. Untuk sampai pada tujuan tersebut, penelitian ini didasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa telah diketahui: [1] Bentuk kesulitan belajar Bahasa Arab yang lebih sering dialami peserta didik yaitu sulit menghafal kosa kata, mengartikan kalimat Bahasa Arab dan penulisan Bahasa Arab. [2] Faktor yang dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar Bahasa Arab yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dari peserta didik meliputi: kurangnya motivasi dari diri siswa, jenuh ketika guru menerangkan materi pelajaran, keaktifan siswa sangat tinggi, kurangnya pembiasaan pada diri anak dan kurangnya fokus anak ketika pembelajaran. Kemudian faktor eksternal meliputi: Kurangnya peran orang tua, kurangnya waktu di sekolah pada mata pelajaran Bahasa Arab. [3] Strategi guru dalam meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Arab yaitu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183072 CARELLIA FATIMATUZ ZAHRO
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:43
Last Modified: 20 Jul 2022 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27957

Actions (login required)

View Item View Item