KURNIA AZIZAH, 12208183184 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh 1) rendahnya kreativitas siswa dan 2) hasil belajar siswa. Rendahnya tingkat kreativitas siswa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor eksternal berupa lingkungan dan faktor internal yang berupa kognitif dan kepribadian siswa. Hasil belajar IPA siswa yang belum mencapai KKM dikarenakan beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut adalah metode pembelajaran yang kurang menarik, kurangnya peran aktif siswa, pembelajaran masih berpusat pada guru, dan anggapan siswa bahwa pelajaran IPA merupakan pelajaran yang sulit. Dengan demikian perlu adanya inovasi baru dalam proses pembelajaran IPA salah satunya dengan menggunakan metode mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adakah pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTsN 1 Tulungagung, 2) untuk mengetahui adakah pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTsN 1 Tulungagung, 3) untuk mengetahui adakah pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket kreativitas siswa, penilaian produk mind mapping siswa tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum dilakukannya uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t dan uji Manova. Berdasarkan hasil analisis uji-t data penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas siswa 2) terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis menggunakan uji Manova menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen (menggunakan metode mind mapping) dengan kelas kontrol (menggunakan metode konvensional)
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Manusia Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183184 KURNIA AZIZAH |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:47 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27962 |
Actions (login required)
View Item |