AJENG DEVI QANDHARIA, 12205183078 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN MATEMATIKA DI MI RIYADLOTUL UQUL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (848kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (500kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (706kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (968kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) | Preview |
Abstract
Ajeng Devi Qandharia. 2022. Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Muatan Matematika di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing, H. Muh. Nurul Huda. M.A. Kata Kunci : Peran Guru, Pemahaman Matematika Pembelajaran tematik muatan matematika di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung, pada dasarnya diajarkan untuk membantu melatih pola pikir peserta didik agar dapat memecahkan masalah dengan kritis, logis, cermat dan tepat. Namun masih ada beberapa peserta didik yang menganggap bahwa pembelajaran tematik muatan matematika itu materi yang sulit dipahami.. Dalam pembelajaran tematik muatan matematika, sifat materinya itu bertingkat. Sehingga sangat penting untuk dapat memahami materi matematika dari kelas rendah, agar dapat mengikuti materi di kelas tinggi. Dalam hal ini peran guru sangat dibutuhkan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung (2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung (3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator penilaian kognitif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika, (2) mengetahui peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika, (3) mengetahui peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti melalui proses kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data diatas dapat diketahui bahwa: (1) peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika adalah menjelaskan materi dengan menggunakan pendekatan deduktif, menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik, mengaitkan pembelajaran dengan benda-benda disekitar, juga memberikan contoh dengan hal yang mudah dipahami peserta didik (2) peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika adalah dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran, menyediakan sumber belajar yang memadai, lingkungan dalam dan luar kelas yang nyaman. Serta media pembelajaran berupa poster-poster matematika yang mudah dihafal peserta didik, dan (3) mengetahui peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik muatan matematika adalah dengan melakukan evaluasi saat pembelajaran telah selesai dilaksanakan. Kemudian dikoreksi bersama, jika masih terdapat peserta didik yang nilainya rendah. Guru akan menjelaskan kembali.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183078 AJENG DEVI QANDHARIA |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:10 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28056 |
Actions (login required)
View Item |