STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 7 TULUNGAGUNG

NUR JULIA MAULIDIYAH, 12201183486 (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan pengaruh yang besar terhadap peserta didik terutama dalam mengembangkan kemampuannya baik di bidang akademik maupun non akademik. Guru bertugas tidak hannya meningkatkan prestasi peserta didik melainkan juga sebagai pemebntuk kebiasaan peserta didik di lingkungan sekolah, karena dalam proses belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan juga dapat memiliki dan dikuasai oleh siswa baik dalam kemampuan intelektual (kognitif), sikap (afektif) dan kemampuan bertindak (psikomotrik). Guru harus mempunyai strategi-strategi pembelajaran yang dapat dituangkan dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini akan menejelaskan tentang strategi guru akidah ahlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTSN 7 Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru akidah ahlak dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif, 2) Bagaimana strategi guru akidah ahlak dalam meningkatkan prestasi belajar afektif, 3) Bagaimana strategi guru akidah ahlak dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotrik Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber juga triangulasi teknik Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif, kegiatan infaq jum’at, membaca surah yasin setiap hari, saat pembelejaran guru memberikan tugas sesimpel mungkin yaitu rangkuman, sehingga siswa mampu memahami tentang materi yang sedang diajarkan serta pembelajaran diluar kelas agar suasana belajar menjadi menyenagkan, mmebiasakan siswa untuk membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran dimulai. (2) dalam peningkatkan prestasi belajar afektif, membiasakan sholat dzuhur sebelum pulang, siswa mengikuti perlombaan saat adannya kegiatan keagamaan, memberikan contoh kepada peserta didik untuk membagikan zakat yang bertujuan untuk melatih para siswa untuk selalu memberi kepada orang yang membuthkan, membiasakan salim kepada guru-guru sbelum memasuki sekolah yang bertujuan agar siswa lebih hormat dan sopan terhadap guru. (3) dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotrik, melakukan pembinaan dan pelatihan untuk siswa yang berprestasi agar bertambah pandai, memberikan tugas-tugas peta konsep untuk melihat sampai kemampuan siswa, siswa membuat tulisan-tulisan kaligrafi yang bertujuan untuk melihat sampai dimana skiil siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183486 NUR JULIA MAULIDIYAH
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:04
Last Modified: 22 Jul 2022 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28130

Actions (login required)

View Item View Item