IFFA DIANA, 12209183006 (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTS AL-KARIMI TEBUWUNG DUKUN GRESIK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (419kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII MTs Al-Karimi Tebuwung Dukun Gresik” ini ditulis oleh Iffa Diana, NIM. 12209183006, pembimbing Drs. H. Jani, MM,. M.Pd, NIP. NIP. 196602101985031001. Kata kunci : Metode Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar IPS Terpadu, PTK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa salah satu indikator rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu ini adalah karena sebagian besar guru masih menerapkan metode pembelajaran konvensional atau ceramah, oleh sebab itu tidak dapat disalahkaniapabila masih terdapat banyak siswa yang berangnggapan bahwa proses pembelajaran IPS Terpadu adalah sesuatu pembelajaran yang membosankan, monoton, kurang menyenangkan, terlalu banyak hafalan dan kurangvvariatif. Sehingga tidak menutup kemungkinan siswa sulit dalam memahami materi pelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu khususnya di MTs Al-Karimi Tebuwung, Dukun, Gresik masih dibawah KKM 75. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Al-Karimi Tebuwung, Dukun, Gresik tahun pelajaran 2021/2022 ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Al-Karimi Tebuwung, Dukun, Gresik. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode dari Kemmis dan Taggart. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Perencanaan (planning), (2) Tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (pre test, pos test I dan post test II), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang semula hanya sebesar 57,4 (pre test), yang berada pada kriteria kurang dan meningkat menjadi 71,6 (post test siklus I), yang berada pada kriteria baik dan meningkat lagi menjadi 80,6 (post test siklus II) yang berada pada kriteria sangat baik. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar. Terbukti dengan presentase ketuntasan belajar pre test (12,00%), meningkat pada post test siklus I (64,00%), dan meningkat lagi pada post test siklus II (80,00%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-A MTs Al-Karimi Tebuwung, Dukun, Gresik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183006 IFFA DIANA |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 06:31 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 06:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28144 |
Actions (login required)
View Item |