PENGARUH METODE INQUIRY DAN DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK DI MAN KOTA BLITAR

RIRID KRISTYA UTAMI, 17201163251 (2022) PENGARUH METODE INQUIRY DAN DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Inquiry dan Drill Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Siswa Kelas XI di MAN Kota Blitar.” Ini ditulis oleh Ririd Kristya Utami, NIM. 172011163251, Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd Kata kunci: Metode Inquiry, Metode Drill, Prestasi Belajar Pembelajaran yang efektif tentu menjadi suatu keinginan bagi kalangan guru. Oleh sebab itu tidak pernah henti-hentinya seorang guru memperbaharui model serta metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi karena masih banyak guru yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Salah satu contohnya yaitu menggunakan metode ceramah. Dalam pembelajaran tersebut siswa hanya mendengarkan kemudian mencatat hal yang dianggap penting. Oleh sebab itu guru harus mempunyai metode yang tepat dalam memaksimalkan proses pembelajaran. Sumber utama pada proses pembelajaran yaitu seorang guru. Oleh sebab itu seorang guru harus mempunyai trik yang unik dalam menyampaikan materi pembelajaran agar menarik dan siswa menjadi aktif. Disebabkan ketika seorang guru hanya berpacu pada satu metode akan berdampak pada informasi yang akan diterima oleh siswa. Sehingga tidak menutup kemungkinan juga akan berdampak pada minat dan prestasi siswa khsususnya pada mata pelajaran Alquran Hadist. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar Al-Quran Hadist pada siswa kelas XI di MAN Kota Blitar sebelum dilakukan treatment menggunakan metode inquiry dan drill (2) menjelaskan perbedaan prestasi belajar Al-Quran Hadist pada siswa kelas XI di MAN Kota Blitar sesudah dilakukan treatment menggunakan metode inquiry dan drill (3) pengaruh metode inquiry dan drill terhadap peningkatan prestasi belajar Al-Quran Hadist pada siswa kelas XI di MAN Kota Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Kota Blitar. Sampel yang digunakan adalah kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 4 sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 68 siswa dengan rincian 34 siswa sebagai kelas control dan 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar peserta didik, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji validitas, reliabilitas, uji normalitas dan uji hompgenitas. Adapun uji hipotesisnya menggunakan uji analisuis regresi ganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya perbedaan prestasi belajar Al-Quran Hadist pada siswa kelas XI di MAN Kota Blitar sebelum dilakukan treatment menggunakan metode inquiry dan drill. Hal tersebut dapat dilihat hasil tes kelas ekperimen yang memperoleh nilai sebesar 82,9%, yang mana nilai tersebut berada pada predikat berhasil. Perbedaan prestasi belajar al-quran hadist siswa kelas XI MAN Kota Blitar dipengaruhi oleh treatment dengan metode inquiry dan metode drill. (2) Adanya perbedaan prestasi belajar Al-Quran Hadist pada siswa kelas XI di MAN Kota Blitar sesudah dilakukan treatment menggunakan metode inquiry dan drill Hasil tes yang dilakukan peneliti memiliki perbedaan antara kelas yang diberikan treatment metode inquiry dan drill dan yang tidak. Kelas kontrol mendapatkan presentase 69,3% dan kelas eksperimen sebesar 82,9 %. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian metode yang tepat pada pembelajaran berdampak positif pada prestasi belajar siswa. (3) Adanya pengaruh metode inquiry dan drill terhadap peningkatan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti diperoleh nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163251 RIRID KRISTYA UTAMI
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:24
Last Modified: 26 Jul 2022 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28173

Actions (login required)

View Item View Item