ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI NGUNUT TULUNGAGUNG

ANA WIJIARISKA, 12204183008 (2022) ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER..pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Reflektif Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Program Linear Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Wijiariska, NIM. 12204183008, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Reflektif, Kemampuan Matematika, Fase Reacting, Fase Comparing, Fase Contemplating. Dalam menyelesaikan soal matematika siswa sering kali mengalami kesulitan dan ketidakpahaman. Oleh karena itu, dengan diberikannya pelajaran matematika sejak dini diharapkan dapat melatih kemampuan siswa dalam berpikir serta menyelesaikan suatu masalah, baik dalam pelajaran matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah berpikir reflektif . Dalam hal ini, proses mengerjakan soal akan dihubungkan dengan proses berpikir reflektif karena pada dasarnya pemecahan suatu masalah akan melalui proses berpikir. Pada saat proses berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal matematika, kemampuan matematika siswa sangat mempengaruhi hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal materi program linear. (2) Untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal materi program linear. (3) Untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal materi program linear.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri Ngunut. Peneliti mengambil subjek penelitian berdasarkan kemampuan matematika yang berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuanm matematika rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat.Hasil penelitian ini yaitu (1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi dikatakan reflektif karena memenuhi indikator pada fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating. (2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang dikatakan cukup refletif karena hanya memnuhi indikator pada fase reacting dan fase comparing, sementara fase contemplating tidak terpenuhi karena terdapat indikator yang tidak terpenuhi. (3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah dikatakan kurang reflektif karena hanya memenuhi indikator pada fase reacting, sedangkan pada fase comparing dan fase contemplating terdapat indikator yang tidak terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183008 Ana Wijiariska
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:15
Last Modified: 26 Jul 2022 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28268

Actions (login required)

View Item View Item