PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN HAFALAN SURAT PENDEK (Studi Multi Situs di Mi Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan Mi Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek)

YULIATI, Y (2015) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN HAFALAN SURAT PENDEK (Studi Multi Situs di Mi Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan Mi Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
BAB I, new.doc

Download (67kB)
[img] Text
BAB II, new.doc

Download (157kB)
[img] Text
BAB III,.doc

Download (93kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI.doc

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV, new.doc

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (1MB)
[img] Text
EXECUTIVE SUMMARY,.doc

Download (193kB)
[img] Text
PEDOMAN WAWANCARA.docx

Download (16kB)
[img] Text
SK Mengajar MI TH 2014-2015 Semester 2.doc

Download (322kB)
[img] Text
SK Mengajar MI TH 2014-2015 Semester 2-1.doc

Download (238kB)

Abstract

Yuliati. 2015. Tesis. Penerapan Metode Drill dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek (Studi Multi Situs di MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek), Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing (1) Dr. Ngainun Naim, M.H.I dan (2) Dr. Erna Iftanti, S.S, M.Pd Kata kunci: Metode Drill, Hafalan Surat Pendek Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh kemampuan hafalan siswa masih kurang, hal ini dikarenakan konsentrasi siswa kurang dan juga siswa belum maksimal dalam mengulang-ulang hafalan surat pendek, pada waktu pembelajaran siswa ada yang belum mampu menghafal surat pendek dengan baik, yang lebih parah lagi ada yang ramai sendiri sehingga siswa tersebut tidak terampil dan tangkas dalam menghafalnya. Salah satu alternatif pemecahannya adalah penggunaan metode drill dengan tujuan untuk menggairahkan belajar anak didik. Dengan bergairahnya belajar, anak didik tidak sukar untuk mencapai tujuan pengajaran. Karena bukan guru yang memaksakan anak didik untuk mencapai tujuan, tetapi anak didiklah yang dengan sadar untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan keberhasilan hafalan surat pendek pada siswa dengan menggunakan metode drill. Fokus dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penggunaan Metode Drill dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek di MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek? 2) Bagaimanakah pelaksanaan penggunaan Metode Drill dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek di MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek? 3) Bagaimana penilaian dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek Pada Siswa dengan menggunakan Metode Drill di MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek? 4) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan metode Drill dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek Pada Siswa dengan menggunakan Metode Drill di MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian adalah 1) Perencanaan Penggunaan Metode Drill dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek di MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek adalah perencanaan pembelajaran harus mempersiapkan perangkat pembelajaran. Pada tahap inti: saya menggunakan metode drill, tahap penutup guru mengulang pelafalan materi surat pendek secara klasikal yang diikuti oleh peserta didik. 2) Pelaksanaan penggunaan Metode Drill dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek di MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek adalah a) Pertama saya kondisikan dulu agar kelas kondusif. Setelah itu, proses pelajarannya tahap pendahuluan: dimulai dengan salam, membaca dan mengulang pelajaran sebelumnya. b) Pada tahap inti: menggunakan metode drill c) Di tahap penutup guru mengulang pelafalan materi surat pendek secara klasikal yang diikuti oleh peserta didik. 4) Penilaian dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek Pada Siswa dengan menggunakan Metode Drill di MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek diharapkan peserta didik dapat menguasai materi pelajaran yang disampaikan dan membangkitkan hafalan surat pendek. Untuk mengetahui hasil pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat dilihat dari nilai hasil ulangan hafalan surat pendek pada tiap Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas 4 semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. 4) Faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan metode Drill dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek Pada Siswa dengan menggunakan Metode Drill di MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Kedung Sigit dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, faktor pendukung penggunaan metode Drill dalam meningkatkan Keberhasilan Hafalan Surat Pendek Pada Siswa adalah a) adanya kegiatan ekstrakurikuler kaitannya untuk menunjang pengetahuan dan pemahaman, penggunaan metode drill dalam meningkatkan keberhasilan hafalan surat pendek pada siswa, b) adanya perlengkapan yang cukup, dan dibina oleh guru yang profesional. Faktor penghambat penggunaan metode drill dalam meningkatkan keberhasilan hafalan surat pendek pada siswa adalah a) pelaksanaannya memerlukan waktu yang relative banyak atau panjang. b) Apabila tidak di tunjang dengan peralatan dan perlengkapan yang memadai atau tidak sesuai dengan kebutuhan, maka metode ini kurang efektif.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: yuliati yuli suminem
Date Deposited: 30 Nov 2015 07:03
Last Modified: 30 Nov 2015 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item