EVA ZULFIAH PUTRI, 12209183002 (2022) PENGGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LCD SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTSN 4 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis LCD sebagai Sumber Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Eva Zulfiah Putri, NIM 12209183002, Pembimbing Drs. Jani M.M., M.Pd. Kata Kunci: Bahan ajar multimedia interaktif berbasis LCD, sumber belajar, mata pelajaran IPS Penggunaan teknologi dalam pendidikan saat ini sangat penting untuk pondasi guru dalam mengajar. Maka, peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangatlah penting, disamping itu dapat membantu siswa dalam memahami suatu materi serta meningkatkan kreatifitas serta prestasi bagi siswa. Media pembelajaran yang digunakan masih bersifat naratif dalam menjelaskan materi seperti halnya sebuah buku dan LKS. Oleh karena itu, perlu adanya sumber belajar yang menarik seperti Penggunaan Bahan ajar Multimedia Interaktif Berbasis LCD pada mata pelajaran IPS di MTsN 4 Blitar. Focus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis LCD sebagai sumber belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII materi kelangkaan dan Kebutuhan manusia tahun pelajaran 2021/ 2022 MTs Negeri 4 Blitar? (2) Apa factor pendukung dan penghambat dalam penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis lcd sebagai sumber belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII materi kelangkaan dan kebutuhan manusia tahun pelajaran 2021/2022 MTs Negeri 4 Blitar? Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis LCD sebagai sumber belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas VII materi kelangkaan dan kebutuhan manusia tahun pelajaran 2021/2022 MTs Negeri 4 Blitar (2) untukfaktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis lcd sebagai sumber belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII materi kelangkaan dan kebutuhan manusia tahun pelajaran 2021/2022 MTs Negeri 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis dengan mengacu pada teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis LCD sebagai sumber belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII MTsN 4 Blitar dapat diketahui melalui persiapan berupa RPP, LCD, LKS, pelaksanaan dikelas sebagai penerapan perlaksanaan dan evaluasi pembelajaran sebagai penilaian kegiatan belajar. Pada tahap evaluasi telah dicapai melalui penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis LCD di kelas VII telah mencapai pada tahap penilaian. 2) factor pendukung dan penghambat dalam penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis LCD sebagai sumber belajar siswa kelas VII MTsN 4 Blitar yaitu factor pendukung meliputi siswa aktif belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis LCD, penguasaaan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209183002 EVA ZULFIAH PUTRI |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:03 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28309 |
Actions (login required)
View Item |