NILA KHOIRUL MUNA, 12201183068 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MURATTAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN LUBABUL FATTAH TUNGGULSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Murattal dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah Tunggulsari Tulungagung” ditulis oleh Nila Khoirul Muna, NIM. 12201183068, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, yang dibimbing oleh Saiful Bahri, M.Pd.I., NIP. 197101052007011034 Kata Kunci: Penggunaan Metode Murattal dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan pemahaman antar satu santri dengan yang lainnya mengenai pembelajaran agama, khususnya dalam hal membaca Al-Qur’an. Dimana membaca Al-Qur’an yang baik hendaknya disertai pemahaman mengenai tajwid dan makhrajnya agar dapat melafalkan bacaan Al-Qur’an dengan benar. Seperti yang diketahui oleh peneliti, bahwa terdapat penggunaan metode murattal yang diterapkan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah, apakah penggunaan metode murattal tersebut berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah Tunggulsari Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi lembaga pondok sebagai bahan masukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di PPTQ Lubabul Fattah, bagi pemimpin pondok sebagai pedoman untuk memilih strategi yang tepat dalam menampilkan model pembelajaran kepada santri, bagi orang tua santri agar lebih percaya bahwa anaknya dapat menimba ilmu dan mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik, bagi peneliti agar dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi sebanyak 130 santri dengan menggunakan teknik sampel kuota (Quota Sample), yaitu teknik sampel yang mendasarkan diri pada jumlah yang sudah ditentukan. Variabel bebas: penggunaan metode murattal. Variabel terikat: kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri. Sumber data: santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X (penggunaan metode murattal) dengan variabel Y1 (kemampuan membaca Al-Qur’an) santri di Pondok Pesantren Lubabul Fattah Tunggulsari Tulungagung, yang ditunjukkan dengan tabel output uji regresi sederhana diketahui nilai Sig. adalah 0,000 dengan nilai thitung sebesar 4,229. Nilai tersebut kemudian dibandinglan dengan nilai ttabel dengan df = N – 2 = 50 – 2 = 48 pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,677. Hal ini menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel sehingga H0 ditolak. Selain itu diketahui bahwa nilai Fhitung = 17,880 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada pengaruh variabel Kegiatan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Murattal (X) terhadap variabel Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Y).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183068 Nila Khoirul Muna |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 02:36 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28324 |
Actions (login required)
View Item |